Dugaan Skandal Proyek Taman Hutan Kota, CBA Dorong KPK Periksa Walikota Depok

0

Jajang Nurjaman Koordinator CBA

Spread the love
image_pdfimage_print

DEPOK, (TB) – Center for Budget Analysis (CBA) dengan tegas mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengawasi dan melakukan penyelidikan mendalam terkait pelaksanaan proyek pembangunan alun-alun dan taman hutan kota Depok yang mencurigakan.

Mega proyek dari Pemerintah Kota Depok, yang dikerjakan melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, diduga memiliki berbagai penyimpangan yang patut diinvestigasi, dan CBA ingin menguraikan beberapa poin penting terkait masalah ini.

1. Ketidakcermatan dalam Penyusunan Anggaran

CBA menyoroti bahwa dalam penyusunan anggaran oleh Pemerintah Kota Depok, terdapat ketidakcermatan yang mencemaskan. Mengingat nilai proyek yang mencapai puluhan miliar, perbedaan yang signifikan antara pagu dan harga perkiraan (sekitar Rp 33,7 juta) sangat membingungkan.

2. Keterbatasan Peserta Tender: Terkait pelaksanaan tender.

Kami (CBA-red) prihatin dengan keterbatasan jumlah perusahaan yang berpartisipasi. Dari 44 perusahaan yang berpartisipasi dalam tender, hanya satu perusahaan yang mengajukan penawaran. PT. Damaean Jaya Mandiri adalah satu-satunya peserta yang mengajukan penawaran, yang kami yakini disebabkan oleh kurangnya pesaing yang seharusnya hadir.

3. Catatan Buruk PT. Damaean Jaya Mandiri.

Merupakan hal yang mencemaskan bahwa PT. Damaean Jaya Mandiri memiliki rekam jejak buruk terkait proyek-proyek sebelumnya. Keberhasilan dalam melaksanakan proyek di masa lalu menjadi pertanyaan, diketahui perusahaan ini pernah gagal melaksanakan proyek Pemprov Jawa Barat di tahun 2016, yakni proyek pembangunan kawasan Gasibu tahap II. Akibatnya perusahaan ini masuk dalam daftar hitam dari 28 Agustus 2017 hingga 27 Agustus 2019.

” Kuat dugaan bahwa ada peluang praktik tidak sehat dalam seluruh proses proyek pembangunan alun-alun dan taman hutan kota Depok tersebut. Mulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan tender. Oleh karena itu, kami mendesak KPK untuk segera memulai penyelidikan menyeluruh atas proyek ini, dengan panggilan dan pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang terlibat, terutama Walikota Depok, Mohammad Idris.” beber Koordinator CBA Jajang Nurjaman melalui rilisnya, Rabu 23 Agustus 2023. (Sto/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *