Pemkot Bogor Gandeng Tiket.Com Mentoring Pelaku Pariwisata

0
Spread the love
image_pdfimage_print

KOTA BOGOR, (TB) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berkolaborasi dengan Tiket.com memberikan mentoring kepada para pelaku pariwisata dan UMKM melalui Program Jagoan Pariwisata Tiket.com di Agro Edukasi Wisata Organik (AEWO) Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Kamis (25/8/2022).

Mulyaharja menjadi satu dari 4 desa di Indonesia yang dipilih Tiket.com dalam program yang launching dilakukan pada pada 2 Agustus 2022 lalu.

Wali Kota Bogor, Bima Arya yang hadir dalam Kick Off Program Mentoring Program Jagoan Pariwisata menyatakan, selain potensi yang dimiliki, satu hal yang membuat Mulyaharja berbeda adalah warganya yang sangat bersemangat dan kooperatif, hal itu merupakan modal utama. Namun dalam prosesnya, Pemkot Bogor tidak bisa sendiri tetapi harus berkolaborasi dengan banyak pihak terkait.

“Ketika ada mentor bersama-sama warga disini, konsepnya bukan ngajarin tapi menggali secara bersama, apa saja potensinya. Keempat kategori, yaitu kuliner, homestay, digital kreatif dan atraksi di eksplor semua. Jika satu potensi yang digali sudah luar biasa apalagi jika semua.

Misalnya kuliner, saat Luna Maya ketika pertama ke Mulyaharja, kuliner favoritnya adalah olahan jantung pisang. Saya yakin masih banyak potensi yang masih bisa digali, diantaranya local wisdom, penemuan sejarah Pajajaran dan lainnya yang jika digarap bakal hebat,” kata Bima Arya.

Hospitality atau keramahtamahan ditekankan Bima Arya sebagai poin yang juga harus menjadi perhatian. Menurutnya, proses untuk mewujudkan hal itu memerlukan waktu dan proses mentoring yang tidak sebentar serta menjadi tantangan terbesar.

“Jika someah akan memberikan kesan yang baik. Potensi dan alam yang luar biasa untuk mengimbanginya maka orang-orangnya pun harus dijadikan luar biasa. DNA kita adalah yang ramah tamah, someah ka semah, kata orang sunda. Jadi ta’arufnya harus saling interaksi dan mendalami semuanya sehingga ada konsep dialog yang sifatnya dua arah. Hal kedua menjadi sangat bagus jika fokus juga pada kultur pelayanan keramah tamahan,” jelas Bima Arya.

Chief People Officer Tiket.Com, Dudi Arisandi menerangkan, program Mentoring Program Jagoan Pariwisata sebagai rangkaian sinergi kerja sama Tiket.Com dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk membangkitkan kembali industri pariwisata pasca badai pandemi yang menjadi prioritas utama.

Di Mulyahraja, Tiket.com melibatkan 7 mentor yang merupakan karyawan Tiket.com yang akan memberikan pendampingan kepada para pelaku pariwisata dan pelaku UMKM hingga Oktober 2022, baik secara luring maupun daring.

“Sebenarnya dalam program ini karyawan kami juga belajar kepada para warga tentang kehidupan nyata yang ada di lokasi, sehingga kami bisa membantu dan mendengarkan apa yang menjadi kegelisahan agar desa wisata ini bisa semakin maju, karena itu tujuan ke arah sana,” kata Dudi.

Dudi menyebutkan, Kemenparekraf sangat mengharapkan program Jagoan Pariwisata bisa berhasil sehingga nantinya bisa melibatkan lebih banyak desa wisata ke depan, sehingga menjadi kontribusi untuk Indonesia. Ia juga berharap program Jagoan Pariwisata bisa membawa banyak manfaat atau hasil dari mentoring bisa terlihat dalam waktu dekat.

Mentoring yang dibagi dalam 4 kategori nantinya akan dipilih 1 yang terbaik dari masing-masing kategori dan berhak atas hadiah sebesar Rp 25 juta dari setiap kategori. Bima Arya dalam kesempatan tersebut didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Atep Budiman, Camat Bogor Selatan, Hidayatulloh dan Lurah Mulyaharja, Indra Permana. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *