Pengukuhan P3A Dihadiri Dendi Ramadhona

Spread the love
image_pdfimage_print

PESAWARAN, (TB) – Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona, menghadiri Pengukuhan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Kabupaten Pesawaran, Periode 2022-2027.

Pelantikan 35 pengurus dan Anggota P3A di Gedung Serba Guna (GSG) Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Rabu (10/8/2022).

Menurut Bupati, dengan dikukuhkannya pengurus P3A dapat mengemban amanah dan dapat menjadikan insan pertanian di Kabupaten Pesawaran menjadi lebih Profesional dan handal.

Selain itu juga, kehadiran P3A, untuk pengembangan sistem dan pengelolaan air irigasi yang baik dan berkelanjutan, maka diperlukan kelembagaan yang kuat, mandiri dan berdaya, yang dapat meningkatkan produktivitas dan produksi petani.

” P3A diharapkan untuk bekerja keras menjaga ke kompakan dan sinergitas agar semua pekerjaan dapat terlaksana dengan baik dan optimal sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Andan Jejama” Kata Bupati.

Pengairan yang baik merupakan tulang punggung petani dalam pencapaian keberhasilan produksi hasil pertanian, serta mendorong terwujudnya pembangunan pertanian yang berkelanjutan. Akan tetapi ada beberapa kendala yang di hadapi petani terutama dalam bidang pengairan, karena pada saat musim tanam tiba terkadang air tidak mencukupi kebutuhan, maka kehadiran P3A dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan sistem pembagian air yang adil dan merata.

Dalam sambutannya, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona meminta kepada pengurus dan anggota P3A yang telah dikukuhkan untuk segera membuat program kerja dan harus memperhatikan aliran irigasi dan perairan pertanian.

Sebab, menurut Bupati, program ini menjadi aset untuk kualitas irigasi perairan pertanian di Kabupaten Pesawaran.

“Sebab air irigasi kita terbagi-bagi ke wilayah daerah tetangga. Maka P3A harus membuat desain dan masalah air bisa bermanfaat secara lebih maksimal” Ucapnya.

Bupati menambahkan, program aliran irigasi pertanian ini menjadi program pertama yang harus dikerjakan oleh pengurus P3A.

Karena, sambung Bupati, wilayah Kabupaten Pesawaran wilayahnya didominasi lahan pertanian.

“Tentu kebutuhan sumber air dalam aliran irigasi pertanian perlu dimaksimalkan, dan harus mengalir sampai hulu dan hilir lahan petani” Pungkas Bupati Pesawaran.

Perlu diketahui Ketua P3A Kabupaten Pesawaran Periode 2022-2027 Murni Ahmadi, Sekretaris Ali Suryatno dan sebagai Bendahara Sarmin. (Oby/Rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published.