Dendi Ramadhona, Perintahkan Dinkes Segera Lakukan Perawatan Medis Kepada Haikal

Spread the love
image_pdfimage_print

PESAWARAN, (TB) – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melihat langsung kondisi Haikal (9) warga Dusun Bangun Sari, Desa Sinar Harapan, Kecamatan Kedondong yang mengalami sakit sejak lahir. Haikal merupakan putra pertama dari pasangan bapak Sudarno dan ibu Wulan yang berprofesi sebagai petani.

Diungkapkan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dirinya sengaja ingin langsung melihat kondisi Haikal yang terbaring sakit dirumahnya.

“Ya, saya sengaja ingin melihat kondisi Haikal, tadi sudah kita lihat kondisinya memang butuh penanganan medis, makanya saya langsung minta Dinas Kesehatan agar besok segera menjemput Haikal untuk mendapatkan perawatan di RSUD Pesawaran, mudah-mudahan kondisinya bisa membaik,” ungkap Dendi, Minggu, 28 November 2021.

Ia pun meminta kepada seluruh masyarakat, jika ada warga dilingkungan sekitarnya yang sakit dan perlu mendapatkan bantuan untuk bisa saling mengingatkan.

“Kepada masyarakat, Aparatur Desa maupun Puskesmas, saya harap bisa saling memberi tahu jika ada warga yang sakit dan butuh bantuan, kita kan sudah ada petugas kesehatan yang bertugas di desa baik itu bidan desa maupun perawat home care serta petugas Puskesmas, jadi jangan sampai ada warga kita yang sakit dan terlambat mendapatkan penanganan, oleh sebab itu, jangan ragu-ragu untuk memberi informasi jika ada warga disekitar kita yang sakit dan memang butuh bantuan, itu kewajiban kita untuk saling menolong,” pintanya.

Sementara itu, Kasi Sosial, Kecamatan Kedondong Yung Martinus yang ikut mendampingi Bupati Pesawaran, menuturkan jika kondisi Haikal tidak seperti anak pada umumnya. “Kalau kata orang tuanya, ini terjadi sejak lahir, sekarang usia Haikal kurang lebih 9 tahun lebih,” ucapnya.

Menurutnya, akibat kondisi ekonomi keluarga yang bisa dikatakan kurang mampu, Haikal belum pernah mendapatkan perawatan medis. “Sebenarnya keluarganya punya BPJS Kesehatan, tapi mungkin karena adanya miskomunikasi atau ketidakpahaman, makanya Haikal belum pernah dibawa ke dokter,” ujarnya.

“Makanya tadi pak Bupati (Pesawaran), turun langsung untuk melihat kondisi Haikal, dan Alhamdulillah pak Bupati langsung perintahkan stakeholder terkait atau Dinas Kesehatan untuk memfasilitasi Haikal agar mendapatkan perawatan yang intensif,” timpal dia.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Dr. Media Apriliana mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan pemeriksaan terhadap Haikal. “Iya, tadi saya langsung ditelpon pak Bupati, rencananya besok akan kita jemput untuk dibawa ke RSUD Pesawaran dulu,” kata dia.

Ia pun menjelaskan perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan diagnosa penyakit yang diderita Haikal. “Yang pasti perlu dilakukan pemeriksaan dulu oleh dokter kita, setelah diperiksa nanti baru bisa ditentukan penanganan seperti apa yang perlu diberikan kepada adik Haikal ini, tapi untuk pastinya besok mas,” tutup dia.

( Oby / Rif )

Leave a Reply

Your email address will not be published.