Spekulan Tanah Jadi Kendala Dalam Program Lahan HGU PT MPM di Cipanas

0
Spread the love
image_pdfimage_print
CIPANAS, (TB) – Petani penggarap di  Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur yang bernaung pada perkumpulan Warga Kampung Asli Sini (Warkamsi) menjerit. Setelah muncul isu miring dan intimidasi oleh sejumlah oknum  hingga provokasi oleh spekulan-spekulan tanah.
Mereka tak segan segan mencemarkan nama baik yang ditiupkan lewat info hoax dan menggangu konsentrasi penggarap untuk mensejahtera masyarakat. Padahal, Warkamsi dibangun lewat ketentuan hukum  dalam Akta Notaris Alvin Nugraha, SH, M.Kn Nomor 69 tanggal 17 Juni 2021.
“Bila kedepan masih ada isu miring dan dianggap meresahkan mau tak mau akan dilaporkan pada yang berwajib. Karena membuat tidak ada ketenangan dalam menggarap tanah untuk mensejahterakan masyarakat,” kata mereka pada wartawan Senin (2/8/2021) petang.
Menurut mereka kehadiran Warkamsi mewakili semua warga kampung yang ada di desa Batulawang dan terbentuk dari kesadaran petani penggarap untuk memperjuangkan hak-haknya dalam program redistribusi lahan Hak Guna Usaha (HGU) dalam program Tanah Obyek Reforma Agraria  (TORA) Presiden Joko Widodo.
“Warkamsi sudah berbadan hukum berdiri berdasarkan Akta Notaris Alvin Nugraha, SH, M.Kn nomor 69 tanggal 17 Juni 2021. Sebagai mitra  PT Maskapai Perkebunan Moellia (MPM) yang sedang menata ulang kebunnya melalui program redistribusi lahan HGU,” jelas Habib Abdul Karim Al Mutahar (46), Ketua Warkamsi dalam keterangannya.
Menurut Habib, Warkamsi mendukung program Presiden Joko Widodo melalui program redistribusi lahan HGU  dalam  program Tanah Obyek Reforma Agraria  (TORA). Program ini bertujuan mensejahterakan petani penggarap yang ada di lingkungan perkebunan HGU.
Program redistribusi lahan HGU  adalah sebuah program strategis Presiden Jokowi untuk mengatasi kesenjangan antara pengusaha dan petani penggarap dan menjaga agar tidak terjadi penyerobot lahan atau pemanfaatan lahan secara ilegal oleh para spekulan tanah. Kata Habib.
Warkamsi hadir dan bermitra dengan PT MPM untuk mengamankan hak-hak petani  penggarap calon penerima sertifikat tanah dari program  redistibusi lahan HGU.
“Di  lapangan yang terjadi banyak anggota kami yang di intimidasi, di provokasi bahkan dicemarkan nama baiknya melalui info hoax oleh spekulan-spekulan tanah. Spekulan tanah ini sengaja bermain api untuk mendapatkan keuntungan dari program redistribusi lahan HGU,” tegas Habib.
Habib menjelaskan, di lapangan tiba tiba muncul kelompok tani penggarap dadakan yang dibentuk oleh spekulan-spekulan tanah dengan harapan para anggota kelompok tani dadakan itu dapat masuk dalam daftar penerima redistribusi lahan HGU tersebut.
Namun kenyataan yang terjadi, nama nama kelompok tani dadakan ini hanya dicatut namanya ini oleh para spekulan  tanah untuk tujuan penguasaan tanah redistribusi lahan HGU untuk kepentingan pribadi mereka. Untuk itu, Habib meminta aparat penegak hukum menindak para spekulan-spekulan tanah yang diduga bekerjama dengan oknum oknum yang punya ortoritas.
“Kami juga meminta aparat penegak hukum mengawasi program redistribusi lahan HGU yang digagas Presiden Jokowi.  Jangan ada penumpang gelap yang tiba-tiba mendapatkan  hak yang merugikan petani penggarap asli. Kami ada dan hadir untuk memastikan petani penggarap asli mendapatkan haknya,” tegasnya.
Sementara itu kuasa hukum PT Maskapai Perkebunan Moellia (MPM) Ariano Sitorus, SH mengatakan di lapangan banyak ditemukan spekulan-spekulan tanah yang memiliki modal besar memanfaatkan petani penggarap asli dengan membentuk kelompok-kelompok tani dadakan.
Mereka berharap, data kelompok-kelompok tani dadakan masuk dalam daftar program redistribusi lahan HGU. “Spekulan spekulan tanah yang dimaksud,  salah satunya adalah pemain lama yang pernah menguasai lahan HGU PT MPM secara ilegal,” jelas Ariano.
Ariano berharap aparat penegak hukum melindungi  petani penggarap yang tengah memperjuangkan hak-haknya dari rongrongan para spekulan tanah.
“Kita juga meminta aparat penegak hukum menindak oknum oknum ini yang telah memanipulasi data petani penggarap calon penerima sertifikat dari program redistribusi lahan HGU PT MPM,” tegas Ariano.
Selain tengah memproses program redistribusi lahan HGU, PT MPM telah menjalin kerjasama dengan Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Cianjur dalam mengembangkan komoditas Alpukat dan Sayuran di atas lahan HGU.
PT MPM juga bekerja sama dengan Detasemen Khusus  (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri dalam mendukung Program Nasional Deradikalisasi bagi para mantan Napi Terorisme di bawah payung Yayasan Hubul Waton 19 Indonesia dan Ponpes Darussalam Al Mubarok dengan mengembangkan komoditas tanaman kopi dan sayuran.(Den

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *