Upacara Serah Terima Siswa Dari SPN Kemiling Polda Lampung Kepada Polres Pesawaran

Spread the love
image_pdfimage_print

PESAWARAN, (TB) – Bertempat di Lapangan apel Mapolres Pesawaran, dilaksanakan Upacara serah terima Siswa dari SPN Kemiling Polda Lampung kepada Kapolres Pesawaran dalam rangka latihan kerja pendidikan & pembentukan Bintara Polri (Diktukba Polri) TA. 2021 di wilayah hukum Polres Pesawaran selama 12 (Dua Belas) dari tanggal 01 Desember sd 12 Desember 2021.

Seijin Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, S.Ik., M.H., upacara serah terima dipimpin oleh Wakapolres Pesawaran Kompol Muhammad Riza,T., S.H. M.H., yang diikuti para Kabag, Kasat, Perwira/Bintara Staf Polres Pesawaran, Perwira pembina siswa SPN Kemiling, para Mentor dan 2 (Dua) Peleton siswa Brigadir Polri dengan jumlah 48 Orang.

Pada pelaksanaan upacara ditandai dengan penghadapan oleh 2 (Dua) perwakilan personil dari Polres Pesawaran (Mentor) dan Siswa SPN Kemiling Polda Lampung kepada Wakapolres Pesawaran mewakili Kapolres Pesawaran.

Dalam amanatnya Wakapolres Pesawaran menyampaikan hari ini kita melaksanakan Upacara pembukaan Latja Diktukba Polri TA. 2021. Saya menyambut baik penyelenggaraan Lajta ini dalam rangka memantapkan kemampuan dan kemahiran Brigadir Polri yang Profesional, Mandiri, Berwibawa dan dipercaya masyarakat sesuai jati diri Polri sebagai Pelindung dan Pengayom masyarakat.

Saya ucapkan selamat datang di Polres Pesawaran, laksanakan Latja dengan sebaik-baiknya sesuai dengan jadwal dan arahan dari para mentor. Program Lajta Diktukba Polri TA. 2021 ini dilaksanakan selama 12 (Dua Belas) hari sesuai Surat Telegram Kalemdiklat Polri Nomor : ST / 344 / XI / 2021 / DIK.2.1./2021 Tanggal 16 November 2021 tentang pelaksanaan Lajta Diktukba Polri 2021.

Kepada siswa Diktukba Polri walaupun waktu pelaksanaan Latja dilaksanakan selama 12 hari diharapkan adanya perubahan yang mendasar, terutama perubahan sikap mental yang lebih baik dari sebelum dilantik menjadi anggota Polri. Walaupun giat Latja ini belum mendapat kewenangan penuh, akan tetapi saudara tidak lama lagi menjadi anggota Polri dengan pangkat Brigadir Polisi 2 (Dua) dan akan segera turun langsung ke masyarakat.

Untuk itu sejalan dengan pelaksanaan program Latja Diktukba Polri ini yang pelaksanaannya ditempatkan di Polres Pesawaran dan di Kesatuan kewilayahan jajaran Polda Lampung sekaligus menjadi kekuatan kesatuan dimana para siswa Diktukba sekalian melaksanakan Latja.

Kepada para Supervisor dan para Mentor, saya titipkan para siswa Diktukba Polri untuk benar-benar dibimbing, dibina tentang sikap perilaku dan kemampuannya secara serius dengan penuh rasa tanggung jawab serta senantiasa dievaluasi melalui peranan Supervisor dan Mentor selama Latja di Polres Pesawaran.

Dalam pelaksanaan Latja saya percayakan sepenuhnya kepada Supervisor dan para Mentor. Diharapkan semua persiapan yang selama ini telah diupayakan dapat dilaksanakan dengan baik dan apabila dalam pelaksanaannya terdapat hal-hal yang prinsip segera dilaporkan. Pengalaman pada pelaksanaan tugas pokok sebelumnya agar dijadikan pedoman pada pelaksanaan Latja siswa Diktukba Polri saat ini.

Mengingat Latja akan dilaksanakan selama 12 hari yang dilaksanakan dari tanggal 01 Desember s/d 12 Desember 2021, saya harapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan Brigadir-brigadir Polri sesuai harapan masa depan, yaitu Polri yang mahir, terampil, terpuji dan patuh hukum serta profesional dan dapat dipercaya masyarakat.

Mengakhiri amanatnya Wakapolres Pesawaran memberikan beberapa penekanan yakni sebagai berikut :

1.Diharapkan akan selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yme sebagai landasan moral yang kokoh dalam melaksanakan tugas pengabdian sebagai pelayan masyarakat.

2.Wujudkanlah sikap perilaku yang mandiri, saling menghargai dan menghormati dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memposisikan status sebagai abdi masyarakat.

3.Supaya dihilangkan sikap arogan dan perilaku yang kurang terpuji serta junjung tinggi ham dalam melaksanakan tugas sebagai pengayom, pelindung, pelayan masyarakat dan penegak hukum.

4.Tanamkan rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap setiap tugas yang dipercayakan, jadikanlah setiap tugas tersebut sebagai suatu kehormatan dan kebanggaan yang dalam pelaksanaannya tetap berpegang pada aturan dan ketentuan hukum yang berlaku.

5.Kepada seluruh siswa latja, laksanakan latja ini dengan penuh disiplin sehingga semua pengetahuan selama dalam pendidikan dapat diaplikasikan dilapangan dengan baik, lakukan dialog dengan supervisor, mentor, serta para senior dan personel lainnya, apabila ada hal-hal yang belum dipahami.

6.Kepada seluruh supervisor dan mentor supaya benar-benar dapat membimbing, mendampingi sekaligus mengawasi para peserta latja dalam setiap kegiatannya sehingga pelaksanaan latja dapat berjalan dengan sesuai yang kita harapkan.

Demikian amanat upacara pembukaan Latja Diktukba Polri TA. 2021 Polres Pesawaran Polda Lampung. Saya ucapkan selamat belajar dan berlatih, semoga Allah SWT Tuhan YME senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita sekalian, dan secara resmi pada hari ini pelaksanaan Latja Diktukba Polri TA. 2021 di Polres Pesawaran saya nyatakan dibuka. Untuk selanjutnya dalam pelaksanaannya saya serahkan sepenuhnya kepada Supervisor dan para Mentor.

( Oby / Rif )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *