Menkes Budi Gunadi : Berakhirnya Pandemi Tergantung Pada Upaya Semua Pihak

0
Spread the love
image_pdfimage_print

JAKARTA, (TB) – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa berakhirnya masa pandemi COVID-19 di Indonesia amat bergantung pada sebaik apa upaya yang dilakukan oleh seluruh pihak.

“Setelah saya melihat pola pandemi ini, ini semua bergantung kepada kita. Berapa lama pandemi akan terus ada itu bergantung pada kita. Berapa banyak kasusnya akan naik itu tergantung kepada kita. Berapa banyak orang, saudara-saudara kita, dan tenaga kesehatan yang masuk ke rumah sakit itu juga bergantung kepada kita,” ujarnya dalam keterangan pers yang disampaikan secara virtual, Jumat (25/06/2021).

Menkes menambahkan, kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan adalah bagian yang sangat penting dalam upaya untuk terlepas dalam pandemi ini. “Semakin kita disiplin menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, jangan berkerumun, rajin mencuci tangan, pandemi ini akan makin cepat berakhir,” tuturnya.

Oleh karena itu, Budi kembali mengimbau seluruh masyarakat untuk berdiam diri di rumah, sesuai dengan instruksi pemerintah untuk melindungi diri sendiri dan bangsa Indonesia dari penularan COVID-19.

“Mari kita tinggal di rumah karena dengan kita tinggal di rumah di masa-masa ini, bukan hanya kita melindungi diri kita, tapi kita melindungi keluarga kita tercinta, kita melindungi tetangga-tetangga kita, kita melindungi rakyat Indonesia, dan seluruh umat manusia di dunia,” imbaunya.

Menutup keterangan persnya, Menkes menyampaikan keyakinannya bahwa bangsa Indonesia akan mampu melalui cobaan seberat apapun apabila seluruh komponen bangsa fokus menggerakkan energi positif dan bersama-sama menangani pandemi sesuai dengan kapasitas masing-masing.

“Pemerintah tidak mungkin bisa sendiri, kita butuh dukungan semua stakeholder, semua komponen bangsa, pemerintah daerah, wartawan, rakyat, swasta, kita harus sama-sama. Saya percaya modal sosial bangsa Indonesia itu besar sekali. Asalkan kita bisa rajut kebersamaan ini, energi yang dimiliki, saya yakin Indonesia bisa mengatasi pandemi,” tandasnya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *