Pondok Pesantren di Ciherang Terbakar, Damkar: Penyebabnya Masih Diselidiki

0
Spread the love
image_pdfimage_print

CARINGIN, (TB) – Bangunan milik Pesantren di Kampung Limus Nunggal Desa Ciherang Pondok Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor, hangus di amuk si jago merah. Peristiwa terjadi sekitar pukul 18 : 36 , Kamis 04/07/2024.

Kepala Sektor Damkar Ciawi Bendri Mengaku bahwa, Peristiwa itu diketahuinya, setelah ada laporan dari warga yang sampai ke pihaknya

“Kami Damkar sektor Ciawi telah menerima laporan dari pelapor atas Nama Ustadz Zaelani, sekitar pukul 18 : 36 Ia merupakan seorang Guru pengajar di Pesantren yang kena musibah itu, ” Kata Nendri

Menanggapi hal tersebut menurut Nendri, Anggota yang sedang bertugas langsung menuju tempat kejadian dengan dua unit kendaraan.

“Kami beserta anggota menuju TKP, eksekusi memadamkan api, Kami juga di bantu para warga sekitar, sebelum api menjalar luas akhirnya, Kami berhasil memadamkannya dalam waktu kurang lebih satu jam, ” ujar nya

Nendri menjelaskan, “Objek yang terbakar merupakan kamar santri pesantren, hingga api berhasil di padamkan, sumber api belum bisa dipastikan, masih dalam penyelidikan petugas. Meski tidak ada korban jiwa, dari kejadian itu, korban ditaksir mengalami kerugian puluhan juta, ” ucapnya.

Terpisah, Koordinator lapangan dari Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Bogor , Abdul Rojack menyarakan bahwa, data yang berhasil di himpun nya, kebakaran menimpa Pondok Psantren, itu berawal dari informasi anggotanya yang berada di wilayah Desa.

“Dengan anggota FKDM yang sudah tersebar di seluruh pelosok Desa, jadi lebih mempermudah informasi apapun menyangkut kondusifitas lingkungan, ” katanya

Selain itu, Abdul Rojack juga menambahkan, dengan tersebarnya Anggota FKDM sampai ke pelosok Desa, dari informasi yang di sampaikan mereka terkait kejadian apapun di wilayah, setidaknya bisa meminimalisir dan mendeteksi terjadinya hal yang buruk yang tidak di inginkan adanya oleh semua pihak.

“Maka dari itu, dalam antisipasinya Kami memastikan informasi yang berkembang, maka Kami turun ke lokasi kejadian, seperti saat ini diketahui kebakaran menimpa bangunan pesantren Rubat Nurul Fajri Tiga, pimpinan Habib Ali Asegaf,” Pungkasnya. (Wan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *