Ketua KPU Kabupaten Bogor: Jumlah Pantarlih Yang Dilantik Sudah Sesuai dengan TPS Yang Ada

0
Spread the love
image_pdfimage_print

BOGOR, (TB) – Ketua KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni menyampaikan bahwa, pihaknya sudah melantik dan mengukuhkan 14.952 Pantarlih yang tersebar di 435 desa/kelurahan di 40 Kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Menurutnya, jumlah tersebut sesuai dengan total tempat pemungutan suara (TPS) se-Kabupaten Bogor dan menjadi yang terbanyak se-Indonesia.

Pantarlih ini bertugas untuk membantu KPU dalam penyusunan daftar pemilih dan pemutakhiran data pemilih.

Mereka akan melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih dengan mendatangi rumah warga satu per satu sejak 12 Februari hingga 14 Maret 2023.

“Pantarlih yang datang menggunakan atribut khusus berupa rompi, tanda pengenal, dan juga topi pantarlih. Tadi setelah dilantik, mereka langsung mengikuti bimtek dan diberi pembekalan dan langsung turun melakukan tugas tanda dimulainya Gerakan Coklit Serentak,” terang Ummi Wahyuni saat diterima Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan di kediamannya di Cisarua, Minggu 12 Februari 2023.

Lebih lanjut Ummi juga menjelaskan, data pemilih yang akurat dan mutakhir adalah kunci mewujudkan pemilu yang berkualitas. Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan menyambut petugas pantarlih dengan gembira.

“Ayo sambut kedatangan pantarlih dengan gembira. Siapkan KTP atau KK untuk dicocokan dengan data yang telah disiapkan KPU. Setelah didata, Pantarlih akan menempelkan stiker untuk menandakan bahwa sudah dicoklit. Data pemilih yang akurat, mutakhir adalah kunci mewujudkan pemilu yang luber, jurdil sekaligus partisipatif,” tandasnya. (Red/Sto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *