Arinal Djunaidi Apresiasi Peran Ulama Didalam Menjaga Keharmonisan

Spread the love
image_pdfimage_print

BANDAR LAMPUNG, (TB) – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi peran para ulama dalam menjaga keharmonisan di tengah kemajemukan masyarakat.

Apresiasi Gubernur itu disampaikan Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto dalam acara silaturahmi dengan para Ulama se- Provinsi Lampung di Ballroom Swiss-Belhotel Bandar Lampung, Rabu (15/12/2021).

Bertema “Refleksi Kehidupan Beragama dan Memperkuat Inklusifitas Kehidupan Beragama di Provinsi Lampung” kegiatan ini dalam rangka peningkatan sinergi antara ulama dan umara.

“Saya mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini, dalam upaya membangun koordinasi dan sinergitas sekaligus meningkatkan akidah masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Fahrizal.

Fahrizal mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan akan semakin menyuburkan tradisi saling mengisi dan berbagi peran yang didasari ke saling pahaman dan saling percaya

“Sehingga Lampung yang damai akan semakin dirasakan oleh seluruh masyarakat di Provinsi Lampung,” katanya.

Ia menjelaskan umara dan ulama menjadi dua kelompok elit bangsa yang berperan penting dalam menjaga keharmonisan di tengah kemajemukan di Indonesia.

Kemajemukan yang dimiliki bangsa Indonesia itu, kata Fahrizal merupakan anugerah sekaligus amanah yang Allah SWT titipkan kepada bangsa ini.

“Keberlangsungan bangsa dan negara Indonesia yang memasuki dekade kedelapan kemerdekaan menandakan bahwa bangsa ini mampu menjaga anugerah dan amanah itu,” ujarnya.

Menurutnya, dalam konteks Indonesia, umara dan ulama ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan.

“Umara dan ulama di Provinsi Lampung sendiri merupakan bagian penting yang berkontribusi dan menjadi elemen vital dalam pembangunan di daerah,” katanya.

Fahrizal menyebutkan umara dan ulama juga menjadi faktor penting dalam menangkal pengaruh paham-paham yang akan menghambat proses pembangunan di Provinsi Lampung.

Fahrizal menyampaikan situasi dan kondisi di Provinsi Lampung sangat kondusif dan ini tercipta karena kontribusi para Kiayi dan Ulama dalam menjaga kehidupan keagamaan yang harmonis.

“Mari kita perkuat sinergitas ulama dan umara di Provinsi Lampung dengan meneladani apa yang sudah dipraktikkan Rasulullah SAW sehingga sinar ajaran Islam akan selalu memberikan kedamaian kepada masyarakat,” katanya.

Pada bagian lain, Fahrizal mengajak para ulama dan seluruh masyarakat Lampung untuk menyambut pelaksanaan Muktamar Nahdhatul Ulama ke-38 dimana Provinsi Lampung menjadi tuan rumahnya.

“Dipilihnya Provinsi Lampung tersebut merupakan manifestasi kepercayaan Ulama NU se-Indonesia bahwa Provinsi Lampung termasuk daerah yang mampu merawat kerukunan di antara warganya. Mari kita seraya mensinergikan untuk menunjukkan keharmonisan umara dan ulama di Provinsi Lampung,” pungkasnya.

Acara ini juga dilakukan diskusi panel dengan menghadiri narasumber yaitu Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Qudrotul Ikhwan dan Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Dendi Suryadi.

Kemudian, Pimpinan Muhammadiyah Provinsi Lampung Marzuki Noor dan Basyaruddin Maisir dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Lampung.

( Dr / Rls )

Leave a Reply

Your email address will not be published.