Hadiri Sosialisasi Kementrian ATR/BPN, Zulkifli Anwar Sampaikan Ini

0
Spread the love
image_pdfimage_print

PESAWARAN, (TB) – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus mensosialisasikan program strategis Kementerian ATR/BPN yang salah satunya ialah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Kali ini sosialisasi tersebut dilakukan di Gedung Graha Adora Desa Kurungan Nyawa Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Lampung, yang dihadiri langsung oleh komisi ll Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Zulkifli Anwar, Kamis (21/10/2021).

Dalam sambutannya, Zulkifli Anwar sangat mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi yang dilakukan di Kabupaten Pesawaran.

” Saya sangat berterima kasih kepada Kementerian ATR/BPN sudah mengadakan acara di sini terkait sosialisasi program PTSL bagi masyarakat Kabupaten Pesawaran,” Kata Zulkifli.

” Sosialisasi ini sangat penting dilakukan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat dan pemangku kepentingan terkait tentang program, kebijakan, dan peraturan perundang-undangan yang sedang dijalankan dan pemerintah terus berkomitmen memberikan edukasi kepada masyarakat,” Ujarnya.

Sementara itu, Direktur Bina Pendanaan dan Pencadangan Tanah, Nurhadi Putra mengatakan begitu pentingnya program PTSL guna memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum bagi tanah masyarakat.

” Kepemilikan sertifikat tanah ini nanti bukan hanya sekedar terpenuhinya syarat administratif namun lebih dari itu, yaitu sebagai jaminan kepastian Hukum,” Ucap Nurhadi.

” Saya imbau masyarakat untuk ikut membantu program PTSL ini mulai dari gerakan memasang batas tanah, hingga menyiapkan dokumen pendukung karena kita tidak boleh mempersulit apalagi untuk hal yang juga untuk kepentingan kita sendiri,” Tambahnya.

Tak hanya itu saja, Kepala Kantor BPN Kabupaten Pesawaran Darman Hutasoit menambahkan jika PTSL ini dapat meminimalisir konflik pertanahan yang menjadi permasalahan yang sering terjadi, khususnya untuk tanah yang belum bersertifikat.

” PTSL sangat banyak manfaat bagi keamanan aset yang masyarakat miliki, Dengan adanya sertifikat tanah, kita bisa terhindar dari konflik-konflik serta bisa dimanfaatkan sebagai akses permodalan, Selain bagi masyarakat, manfaat PTSL juga akan dirasakan oleh pemerintah dalam meningkatkan kualitas data pertanahan dan peningkatkan pendapatan daerah,” Pungkasnya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemberian sertifikat secara simbolis kepada masyarakat Pesawaran yang dilakukan oleh anggota DPR RI Zulkifli Anwar bersama pejabat yang mendampingi, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala bagian pemberitaan dan hubungan antar lembaga, Humas Kementerian Indra Gunawan, Kepala kantor wilayah BPN Provinsi Lampung Yuniar Hikmat Ginanjar, Bupati Pesawaran yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa, jajaran kepala Dinas Kabupaten Pesawaran, dan seluruh perwakilan Kepala Desa yang ada di Kabupaten Pesawaran.

Diketahui dalam kegiatan tersebut telah dilakukan registrasi dan Swab Antigen kepada seluruh peserta sosialisasi dan telah menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. ( Oby / Rif ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *