Dandim 0421/Lampung Selatan sosialisasikan PPKM, Datangi Desa Yang Berstatus Zona Merah

0
Spread the love
image_pdfimage_print

PESAWARAN, (TB) – Untuk terus menekan laju penyebaran Covid-19 yang terus meningkat, berbagai upaya Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 terus di dilakukan.

Himbauan serta sosialisasi terkait covid-19 terus digaungkan,ini agar masyarakat mengerti bahwa Covid-19 itu nyata dan sangat berbahaya.

Dandim 0421/Lampung Selatan Letkol Inf.Enrico Setyo Nugroho mengatakan Pengecekan sekaligus Sosialisasi PPKM di Wilayah Koramil 421-02/Gedong tataan ini. sasarannya di Desa-Desa yang berstatus Zona merah.

“ditempat Resepsi pernikahan dikediaman bapak Guntur Bayu rama
Warga Bagelen. Lalu di rumah warga Sukaraja yang Isolasi Covid-19 Kemudian di Kantor Desa. Gedung tataan. Disini kita mensosialisasikan sekaligus memberikan pemahaman terkait Covid- 19″Ujarnya sabtu (17/7/2021)

Lebih lanjut Letkol Inf.Enrico Setyo Nugroho mengatakan, di daerah yang masuk zona merah, tanpa adanya kesadaran Masyarakat tentu akan sulit untuk menurunkan kasus yang terpapar Covid-19,

“Untuk itu kita harus memastikan masyarakat sadar pentingnya menerapkan Prokes . Sementara Untuk petugas Covid-19 Desa, agar memasang daftar orang yang terinfeksi virus Covid-19 di rumah isolasi, disertai tanggal terjangkitnya dan kapan sembuhnya. Hal ini agar bisa dilihat grafiknya dan titik serta pola penyebarannya”Terangnya.

Aturan terkait Desa yang berstatus zona merah,maka dilarang untuk melakukan kegiatan mengundang kerumunan.
Selai itu juga menurut aturan shalat idul adha tidak dibolehkan.

“Ya tapi jangan terus penyampaian ini dilakukan oleh Babinsa atau babinkamtibmas langsung ke masyarakat, agar masyarakat dapat memahami itu bisa sampaikan melalui tokoh agama, karena mereka yang dipercaya oleh jemaahnya”Katanya

Sementara itu,untuk masyarakat yang akan melaksanakan resepsi hajatan, agar dilakukan secara aman yaitu dengan take way atau Drive thru, yaitu tuan rumah menyambut tamu di depan rumah. Lalu tamu memasukkan sumbangan ke kotak, dan kemudian mengambil konsumsi yang sudah dikemas langsung pulang tanpa harus duduk.

“Jadi kita cari cara yang kreatif agar PPKM ini berjalan dengan baik dan berhasil tanpa menghentikan kegiatan masyarakat dengan hanya merubah cara kegiatannya”Katanya

Letkol Inf Enrico Setyo Nugroho, Mengingatkan kepada Satgas Covid-19 baik itu satpol PP, TNI/POLRI maupun petugas lainnya. Penerapan PPKM mikro, kepada para pelaku usaha, pedangan serta Masyrakat, Penyampaian harus lah secara humanis, menggunakan gaya bahaya yang satun namun tegas,

“Penerapan PPKM ini bukan tidak mungkin menimbulkan perdebatan dan tensin yang tinggi. namun saya berpesan agar petugas saling mengingatkan rekan dilapangan, selalu mengendalikan emosi. Dan ini menjadi faktor keberhasilan menekan laju penyebaran Covid-19″Paparnya.

Dia menambahkan, nantinya pemerintah pusat akan menyalurkan 3 jenis obat  Covid-19, yang berguna sebagai Vitamin, untuk yang tanpa gejala Dan bagi yang comorbid

” Namun pemerintah Pusat belum dapat memberikan obat tersebut ke seluruh masyarakat Indonesia, jadi kita pastikan pemberiannya tepat sasaran” Pungkasnya.

( Oby / Rif )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *