Peguyuban “Lampung Sai” Terbentuk di Kota Bontang

Spread the love
image_pdfimage_print

KALIMANTAN TIMUR, (TB) – Berawal dari rasa kerinduan terhadap kampung halaman, generasi muda Lampung yang berasal dari berbagai sub-suku Lampung yang berdomisili di Kota Bontang, Kalimantan Timur, terbentuklah sebuah wadah dengan nama, Paguyuban Lampung Sai.

Menurut Erdani Yasid Dahro, salah satu pendiri paguyuban Lampung Sai yang juga sebagai Ketua Lampung Sai Kota Bontang Kalimantan Timur mengatakan bahwa dibentuknya sebagai paguyuban ‘Lampung Sai’ ini, sebagai wadah berkumpulnya orang lampung yang ada di Kota Botang yang memiliki keperdulian terhadap Adat Istiadat Lampung,  pelestarian dan pengembangan seni budaya Lampung (Sang Bumi Rua Jurai,red).

“Tabik pun.., tujuan didirikannya Paguyuban Lampung Sai ini adalah untuk mengobati kerinduan orang-orang Lampung yang ada di Kalimantan Timur terhadap tanah kelahirannya, seperti bahasa Lampung, budaya Lampung. Dan yang terpentingnya, kita akan memperkenalkan tentang adat dan budaya Lampung di Kota Bontang Kalimantan Timur,”kata Erdani kepada media Analisis.co.id melalui sambungan telpon genggamnya, Kamis (8/7/2021).

Ia juga mengatakan, terbentuknya wadah ini
merupakan kesepakatan dari teman-teman warga Lampung yang bermula dari kumpul-kumpul, sehingga tercetuslah ide bikin paguyuban ini.

“Selain sebagai wadah perkumpulan sesama warga Lampung di Kota Bontang, wadah ini juga memperkenalkan kain Tapis asal Lampung yang sudah mendunia dan berbagai macam kuliner dari khas Lampung,”tutur putra daerah asal Kabupaten Pesawaran ini.

Di paguyuban Lampung Sai ini, lanjutnya, selain tempat silahturahmi sesama warga Lampung, kami juga memperkenalkan kain tapis serta beberapa makanan khas Lampung.

“Sehubungan ini teryata warga Bontang sangat antusias menerimanya dan anggota paguyuban Lampung Sai di Kota Bontang saat ini totalnya berjumlah sekitar 250 kepala keluarga,”ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Erdani juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah Kota Bontang atas diterimanya kehadiran paguyuban Lampung Sai.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Walikota Bontang Basri Rasa, Ketua DPRD Kota Bontang Andi Faisal Syofyan Hasdam serta Sekda Kota Bontang Erlina Wati, yang telah hadir dalam acara pembentukan paguyuban Lampung Sai ini,”tandasnya ini.

Sekedar diketahui, ada pun struktur pengurus paguyuban Lampung Sai Kota Bontang Kalimantan Timur diantaranya, Dewan penasehat H.Kahar Kalam, Ketua Erdani Yasid Dahro asal Kabupaten Pesawaran-Lampung, Sekretaris Herry Afrizal S,LP,MM dari Kota Bumi Lampung, Bendahara Sofiya Taurina Wijaya SH.MH dari Kabupaten Pesawaran -Lampung.

( Dr )

Leave a Reply

Your email address will not be published.