Pengajian Rutin PWI Kabupaten Bogor, Wadah Untuk Meningkatkan Kualitas Ibadah dan Akhlak Anggotanya

BOGOR, (TB) – Giat pengajian dan kajian rutin Majelis Taklim AL-IKBAR Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor yang dilaksanakan setiap rabu malam kali ini mengangkat Tema Berbakti kepada Orang Tua dan Kerabat.

Acara yang berlangsung di Gedung Graha Wartawan (Kantor Sekretariat PWI Kabupaten Bogor) di Jalan Raya Tegar Beriman pada Rabu 7 Agustus 2024 tersebut dimulai dengan Sholat Maghrib berjamaah dan dilanjutkan dengan tausiyah serta pengajian yang disampaikan oleh Ustadz Achmad Yaudin  Sogir, guru tetap pada majelis Taklim AL-IKHBAR PWI Kabupaten Bogor.

Pengajian kali ini mengangkat tema “Berbakti kepada Orang Tua, Tetangga, Kerabat Dekat, dan Jauh.” KH Achmad Yaudin Sogir menyampaikan materi dengan merujuk pada berbagai hadis, ayat Al-Qur’an, serta pendapat ulama mengenai topik tersebut ;

1. Berbakti kepada Orang Tua:

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Ridha Allah terletak pada ridha orang tua, dan murka Allah terletak pada murka orang tua.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Isra (17:23), “Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapak.

2. Berbakti kepada tetangga dan Kerabat, seperti Sabda Rasulullah SAW ,” Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata yang baik atau diam.” (HR. Al-Bukhari).

Dalam Surah An-Nisa (4:36), Allah SWT berfirman, “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada kedua ibu-bapak, kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat maupun yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil, dan hamba sahaya. Seperti yang disampaikan Imam Nawawi dalam kitab Riyadus Shalihin.

Imam Nawawi menekankan pentingnya berbakti kepada orang tua dan menjalin hubungan baik dengan kerabat sebagai bagian dari ibadah dan akhlak yang mulia. Beliau menyebutkan bahwa berbuat baik kepada kerabat dekat dan jauh merupakan amalan yang sangat dicintai oleh Allah.

Ibnu Hajar Al-Asqalani, Dalam karya “Fath al-Bari,” juga menjelaskan bahwa berbakti kepada orang tua dan menjalin hubungan baik dengan tetangga adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap Muslim. Ini tidak hanya meningkatkan hubungan sosial tetapi juga merupakan bentuk kepatuhan terhadap ajaran Islam.

Pengajian rutin MT AL-IKBAR tersebut dihadiri oleh anggota PWI serta masyarakat sekitar yang antusias mendengarkan penjelasan, kajian yang disampaikan KH Achmad Yaudin Sogir. Acara diakhiri dengan doa dan makan bersama, memohon kepada Allah SWT agar kita semua diberikan kemampuan untuk senantiasa berbakti kepada orang tua, tetangga, dan kerabat.

Sementara itu Ketua PWI Kabupaten H.Subagiyo menyatakan bahwa PWI berkomitmen untuk terus berupaya memperdalam pemahaman agama dan meningkatkan kualitas ibadah serta akhlak pengurus, anggota serta mengedukasi masyarakat luas.

” Saya berharap kegiatan Pengajian rutin MT AL-IKHBAR PWI Kabupaten Bogor ini terus berlanjut, karena ini sangat positif, Selain sebagai wadah untuk memperdalam ilmu agama juga sebagai salah satu media kita mencerdaskan bangsa sesuai tupoksi kita sebagai jurnalis (Wartawan),” ungkap Bagiyo. (Red)