Bendungan Rusak Parah, Ratusan Hektar Sawah Di Kecamatan Way lima Terancam Gagal Panen

0
Spread the love
image_pdfimage_print

PESAWARAN, (TB) – Masyarakat Desa Pekondoh Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran-Lampung, merasa resah memasuki musim tanam padi, Rabu (22/5/2023).

Pasalnya Persatuan Petani Pemakai Air ( P3A ) dan Kelompok Tani Desa Pekondoh, Desa Pekondoh Gedung, Desa Gedung Dalom, Desa Tanjung Agung, Desa Kuta Dalom dan Desa Baturaja Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran.

Apriyadi ketua kelompok tani Haga Jama Jama Desa Pekondoh berharap dengan pemerintah daerah Kabupaten Pesawaran dalam hal ini Bupati H. Dendi Ramadhona untuk membangun kembali bendungan yang ada di Desa Pekondoh ini,
” Rusaknya bendungan ini mengakibatkan ratusan hektar sawah terancam gagal panen lebih-lebih ini memasuki musim tanam,” Ujar Apriyadi.

Selanjutnya ketika di wawancarai oleh awak media ini Apriyadi mengatakan,
” Bilamana Bendungan ini tidak di bangun tahun ini maka kami selaku penggarap sawah akan terancam gagal panen karna sumber satu-satunya air sawah kami ada di Bendungan Desa Pekondoh ini,” Katanya.

Terpisah di sampaikan Agus Hendar,
” Kami berharap kepada pemerintah daerah supaya dapat membangun bendungan tersebut supaya kami para penggarap sawah yang ada di antaran lubuk khimput bisa menggarap sawah kami,” Jelas Agus Hendar.

Apriyadi, Ketua Kelompok Tani Haga jama-jama menjelaskan bahwasanya
bendungan Pekondoh tersebut mengairi sawah lebih kurang 150 Ha, menurutnya bilamana pemerintah daerah Kabupaten Pesawaran tidak membangun bendungan maka nasib petani para penggarap sawah sudah pasti tidak bisa menggarap sawah, ungkapnya.

(Oby/Rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *