50 Ribu Ekor Benih Ikan Ditebar di Delapan Situ Cibinong

0
Spread the love
image_pdfimage_print

CIBINONG, (TB) – Pemerintah Kecamatan Cibinong bersama Dinas Peternakan dan Perikanan (Diskanak) kabupaten bogor melakukan penaburan benih ikan di Situ Gedong Komplek Bekang Kelurahan Cibinong, Senin (05/06) kegiatan.

Kegiatan tersebut menurut Camat Cibinong Dr.Rusliandy merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HJB Pemerintah Kecamatan Cibinong.

” Kegiatan ini masih dalam rangkaian peringatan HJB. Hari ini kita melakukan kegiatan tabur atau tebar benih ikan di 8 (delapan) Situ yang ada di cibinong. Yang mana benih ikan tersebut merupakan bantuan dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Diskanak) Kabupaten Bogor,” ungkap Rusliyandi Camat Cibinong, saat launching di Situ Gedong Komplek Bekang Kelurahan Cibinong.

Lanjut Rusliyandi, Alhamdulillah untuk kegiatan ini kita mendapatkan bantuan benih ikan sebanyak 50 ribu ekor yang dari, ungkapnya.

Selain bantuan benih ikan, pemerintah kecamatan cibinong juga mendapatkan bantuan berupa perahu karet, gerobak sampah, mesin pemotong rumput, pelampung dan lain-lain untuk keperluan pengawasan situ. Nantinya bantuan tersebut akan diserahkan kepada Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Situ.

” Kami berharap dengan bantuan perlengkapan dan penyebaran benih ikan di Situ-situ yang ada di cibinong ini, bisa memberikan dampak positif bagi pelestarian kawasan situ agar tetap bersih, jauh dari pencemaran yang akan menggangu ekosistem pada situ tersebut,” tutur Rusliyandi.

Mantan Camat Rumpin ini juga berharap kedepannya, kawasan situ ini bisa dimaksimalkan pemanfaatannya, mungkin dengan menjadikan Situ sebagai salah satu Destinasi wisata bagi masyarakat yang bisa mendongkrak perekonomian warga sekitar. Namun tentunya harus ditempuh mekanisme perijinannya melalui BBWS ataupun PSDA.

“Intinya kita berharap kawasan situ itu selain habitatnya tetap lestari, kebersihannya terhadap, juga kita harapkan keberadaan situ di wilayah cibinong ini bisa menjadi potensi untuk membangkitkan perekonomian warga,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Yuyun Yuningsih selaku Kepala Sub Koordinator Pengelolaan Perikanan Tambak pada Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor saat dimintai keterangannya terkait kegiatan dan bantuan benih ikan tersebut kepada media ini menyampaikan, ” tujuan daripada kegiatan ini adalah untuk menjaga kawasan situ agar tetap bersih, terjaga dari pencemaran sehingga bisa bermanfaat bagi warga masyarakat,” kata Yuyun.

Masih menurut Yuyun, dengan adanya kegiatan tebar benih ikan di situ ini, kita berharap bisa meningkatkan perekonomian warga juga, cetusnya.

“Kan nantinya warga bisa memancing ikannya, bisa untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka sehari-hari dan bisa juga ikan hasil tangkapannya dijual kembali sehingga bisa menopang ekonomi mereka,”ujar Yuyun.

“Adapun untuk ikan yang kita sebar hari ini adalah bibit/benih ikan lokal. Seperti ikan Brempanon, Tawes, Tembakang, dan ikan lokal lainnya yang ramah lingkungan,” ucap Yuyun. (Sto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *