Kapolri Bakal Sikat Siapapun Yang Terlibat TPPO

SERPONG ,(TB)- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan siap menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menangani dengan cepat masalah tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Langkah awal yang diambil adalah melakukan pemetaan (mapping) kemudian ditindaklanjuti dengan penindakan.

“Saya kira perintah Presiden terkait TPPO akan segera kami tindaklanjuti dengan mengambil langkah pemetaan dan penindakan,” kata Sigit di acara Rakernis Divisi Hubinter Polri di Serpong Tangerang, Banten, Rabu (31/5/2023).

Menurut Sigit pihaknya akan menindak tegas siapapun yang terlibat dalam TPPO. Saat ini kata dia, tim sedang mempersiapkan diri untuk bekerja.

“Sesuai dengan komitmen, kami akan tindak siapapun yang terlibat,” ujar Sigit.

Sebelumnya Presiden Jokowi meminta agar dilakukan restrukturisasi satgas tim tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Selain itu, Jokowi juga menginstruksikan agar pemerintah dan aparat keamanan melakukan langkah cepat menangani masalah ini.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam rapat internal kabinet terkait TPPO di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (30/5/2023).

“Presiden menyatakan melakukan restrukturisasi satgas tim tindak pidana perdagangan orang, kemudian memerintahkan ada langkah-langkah cepat di dalam sebulan ini untuk menunjukkan kepada publik bahwa negara, kepolisian, negara, TNI dan aparat pemerintah yang lain itu bertindak tepat dan hadir untuk ini,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta.

Pemerintah menilai masalah tindak pidana perdagangan orang dan pengiriman tenaga kerja illegal ke luar negeri perlu mendapatkan perhatian. Para tenaga kerja yang dikirimkan tersebut biasanya dijadikan sebagai budak dan dianiaya.
“Red”




Dugaan Gratifikasi Yang Melibatkan Pejabat Pemkab Bogor Dilaporkan Ke KPK

JAKARTA, (TB) – Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Bogor (GEMPAR) hari ini Rabu, 31 Mei 2023 mendatangi KPK untuk melaporkan dugaan gratifikasi yang terjadi di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor.

Menurut Putra Nur Pratama Selaku Ketua Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Bogor (GEMPAR) yaitu dugaan gratifikasi yang dimaksud tersebut melibatkan antara pengusaha oleh salah satu Kepala Dinas di kabupaten Bogor, dengan nilai sebesar 1,5 milyar.

Setelah melakukan advokasi dan melihat fakta yang di kumpulkan oleh kami, maka kami memutuskan untuk memberikan pelaporan kepada penegak supremasi hukum dalam hal ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar apa yang menjadi dugaan ini dapat di jawab sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku. papar pria yang biasa di panggil Putra tersebut.

Adapun kejadian dugaan gratifikasi tersebut terjadi pada tahun 2021 yang lalu, yang mana ada seorang pengusaha swasta memberikan uang kepada salah satu Kepala Dinas di Kabupaten Bogor.

“Pemberian uang tersebut melalui salah satu pekerja outsourcing dan di serahkan kepada Kepala Dinas dengan nominal yang cukup besar yaitu pemberian pertama sebesar Rp. 1Milyar dan yang kedua Rp.500jt dengan total yaitu Rp. 1,5Milyar,” ungkap putra dalam keterangannya.

Perlu kita ketahui bahwa sebagai penjabat publik mereka dilarang keras menerima hadiah yang mana hadiah tesebut berhubungan dengan jabatan yang ada pada dirinya, sesuai dengan pasal 12 UU No. 20/2001.

Harapan Besar kami adalah pelaku gratifikasi dapat di berikan sangsi atau hukuman yang setimpal atas perbuatan yang dilakukan sesuai Amanah pasal 12B ayat (2) UU No.31/1999 jo UU No.20/2001 yaitu “Pidana penjara seumur hidup atau penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp.200 juta dan paling banyak Rp.1milyar. (Sto)




Laboratorium Kalibrasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Raih Akreditasi dari KAN

BANDUNG, (TB) – Laboratorium Kalibrasi yang merupakan unit di Laboratorium Terpadu UIN Sunan Gunung Djati Bandung, berhasil mendapatkan Akreditasi Laboratorium Kalibrasi melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan nomor akreditasi LK-408-IDN.

Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., CSEE menyampaikan ini berdasarkan surat Komite Akreditasi Nasional (KAN) no. 522/3.a.1/LAB/04/2023 tentang Keputusan Akreditasi menjelaskan bahwa pada tanggal 17 April 2023, Laboratorium Kalibrasi Laboratorium Terpadu Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung resmi ter-akreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Akreditasi Laboratorium Kalibrasi ini mengacu pada SNI ISO/IEC 17025:2017 mengenai Persyaratan Umum untuk Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi.

Visitasi lapangan dilaksanakan pada tanggal 17-18 November 2022 dengan Tim Asesmen KAN, terdiri dari: Ir. Soeprijanto (Ketua Tim Asesor), Hilman Syaeful Alam, M.T. (Asesor), dan Desi Kurnia, M.Si. (Asesor). Masa akreditasi berlaku 5 (lima) tahun dari tanggal 17 April 2023 – 16 April 2028.

Dengan demikian, Laboratorium Terpadu Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati memiliki hak untuk menggunakan Simbol Akreditasi KAN sesuai dengan yang diatur di dalam KAN U-03 tentang Penggunaan Simbol Akreditasi KAN dan KAN U01 tentang Syarat dan Aturan Akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian.

Laboratorium Kalibrasi Laboratorium Terpadu (LKLT) UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung berhasil meloloskan 4 ruang lingkup kalibrasi, diantaranya Besaran massa meliputi timbangan dan anak timbang; Volumetrik meliputi alat glassware; Suhu meliputi termometer; dan Instrumen Analitik meliputi pH Meter.

“Dengan diperolehnya status akreditasi laboratorium kalibrasi, maka LKLT UIN Sunan Gunung Djati Bandung dapat memberikan layanan kalibrasi alat-alat ukur untuk kalangan civitas akademik UIN SGD Bandung dan industri serta masyarakat pada umumnya,” tegasnya, Selasa (30/5/2023).

Ketua Laboratorium Terpadu, Dr. Tri Cahyanto, M.Si. menyatakan bahwa LKLT UIN SGD menjadi Laboratorium Kalibrasi pertama yang terakreditasi KAN di lingkungan PTKIN, “Semoga membawa berkah bagi semua pihak. Tim Laboratorium Kalibrasi Laboratorium Terpadu Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung menghaturkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu tercapainya target akreditasi,” ucapnya.

Dengan ini pula kami menyampaikan bahwa Laboratorium Kalibrasi Laboratorium Terpadu Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung siap melayani kebutuhan kalibrasi khalayak umum sesuai dengan standar.

(Damanik)




Program Internasionalisasi PTKI, 5 UIN Jalin MoU dengan Universiti Utara Malaysia

JAKARTA, (TB) – Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara 5 Universitas Islam Negeri (UIN) dengan Universiti Utara Malaysia (UUM). MoU ini sebagai upaya dan langkah awal Kementerian Agama melaksanakan program Internasionalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Lima Universitas yang menjalin kerja sama dengan UUM tersebut yakni UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Raden Fattah Palembang, UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan UIN Mataram

Prosesi penandatanganan MoU dari lima rektor UIN dan UUM disaksikan Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ahmad Zainul Hamdi, Sekretaris Ditjen Pendis Rohmat Mulyana dan Kepala Biro HDI Setjen Kemenag Ahmad Fauzin.

MoU ditandatangani lima Rektor yakni Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, Rektor UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Nyayu Khodijah, Rektor UIN Mataram Prof. Dr. Masnun Tahir, M.Ag., dan Rektor UIN Ar Raniry Banda Aceh, Prof. Dr. H.Mujiburrahman.

Universitas Utara Malaysia (UUM) menjadi universitas pertama Malaysia yang terpilih menjalin kerjasama akademik dengan lima Universitas Islam Negeri (UIN) di Indonesia yang bernaung di bawah Kementerian Agama. Kerja sama antara Kemenag dengan UMM ini merupakan kerja sama kali pertama di bidang akademik dengan universitas terbaik di Malaysia.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan pendidikan bukan sekedar panggilan atau tugas konstitusi tetapi tugas bersama untuk menciptakan anak-anak masa depan bangsa. Menurutnya, perjalanan panjang pembangunan sebuah peradaban lanjutnya tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Pembangunan peradaban merupakan perjalanan jarak jauh yang membutuhkan kerja sama.

“Saya bangga dan bahagia hari ini saya duduk di sebuah forum yang sungguh mengingatkan tentang perlunya kerjasama dan kolaborasi di antara kekuatan-kekuatan dua bangsa dan semuanya kita persembahkan sebagai bagian dari impian untuk membangun peradaban yang lebih baik,” kata Ramdhani, Senin (29/5/2023).

Kang Dani sapaan akrabnya menambahkan bahwa rencana program kerja sama ini sebenarnya sudah lama dijajaki dan hari ini baru terwujud. “UUM merupakan salah satu dari 70 universitas terbaik di Asia yang kaya akan prestasi dan reputasi internasional. Jadi bukan tanpa alasan kami menjalin kerja sama dengan UUM,” tegas Kang Dani.

Sebagai tahap awal, kata Kang Dani, program kerja sama ini mengunakan skema beasiswa Indonesia Bangkit dengan mekanisme LPDP dimana masing-masing UIN dapat mengirim 20 mahasiswanya untuk mengikuti program ini. “Kami targetkan di awal kerjasama ini kurang lebih sejumlah 100 mahasiswa,” ujarnya.

Vice Conselor UUM, Mohd Fo’ad Sakdan mengatakan pemilihan UUM menjadi sebuah pengakuan terhadap UUM di kancah internasional. Menurutnya, kerjasama akademik ini dapat memberikan peluang kepada mahasiswa Indonesia terpilih untuk memperoleh beasiswa untuk kuliah di UUM.

“Mahasiswa yang memenuhi syarat akan menerima beasiswa untuk melanjutkan studi dan mendapatkan pengalaman di tingkat internasional dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia holistik, mempersiapkan pemimpin, pendidik yang profesional untuk masa depan bangsa,” katanya.

“Rombongan mahasiswa pertama yang disponsori kementerian melalui beasiswa ditargetkan mulai September 2023,” sambungnya.

Ia menambahkan pusat pendidikan dari UUM yang terlibat dalam kerjasama akademik ini adalah Ilmu Pendidikan Bisnis Islam, Ilmu Multimedia dan Teknologi Komunikasi dan Ilmu Pendidikan.

Direktur PTKI, Ahmad Zainul Hamdi dalam laporannya mengatakan proses kerja sama ini sudah jauh hari dilakukan oleh Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani dalam mewujudkan internasionalisasi PTKIN.

“Pada akhirnya tahun ini kita mengambil langkah sangat penting dengan menjalin kerjasama dengan UUM. Saya sudah pergi ke sana dan melihat langsung bagaimana perguruan tinggi ini dikelola dengan baik. Meski berusia muda, UMM memiliki banyak prestasi dan reputasi internasional,” ujar Zainul.

“Kita memiliki 58 PTKIN. Lima PTKIN ini sebagian besar PTKIN besar yang kami miliki yang berkembang sangat baik. Ini langkah awal internasionalisasi PTKI dan kita berharap kerjasama bidang pendidikan ini bisa diperluas di masa-masa akan datang,” terangnya lebih lanjut.

Tampak hadir dalam forum Ini, Atase Malaysia Indonesia, KBRI Jakarta, Zulfadhli Bin Hamzah, dan Setiausaha Pertama, Wisma Putra, Kedutaan Besar Malaysia Jakarta, Gobinath Nadradjah,. Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, Rektor UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Nyayu Khodijah, Rektor UIN Mataram Prof. Dr. Masnun Tahir, M.Ag. dan Rektor UIN Ar Raniry Banda Aceh, Prof. Dr. H.Mujiburrahman. (Damanik)




Operasi Sikat Krakatau 2023, Polda Lampung Berhasil Ungkap 307 Pelaku Kejahatan

LAMPUNG, (TB) – Polda Lampung melalui Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, Kabid Propam Polda Lampung Kombes Pol Andre, melaksanakan Konferensi Pers Hasil Operasi Sikat Krakatau Tahun 2023 Polda Lampung dan Polres/Ta Jajaran di GSG Presisi Polda Lampung, Selasa (30/05/2023).

Diawal pembuka kegiatan Kapolda Lampung menyampaikan ucapan terimakasih kepada insan pers.
“Saya selaku pimpinan Polda Lampung mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para wartawan media cetak, media elektronik dan media online yang dengan setia dan penuh rasa tanggung jawab selalu memberitakan setiap kejadian gangguan kamtibmas sekecil apapun untuk dapat menjadi konsumsi publik, khususnya bagi masyarakat yang berdomisili di Provinsi Lampung, dengan begitu seluruh lapisan masyarakat dapat mengikuti dengan cepat apa yang terjadi dan upaya apa yang dilakukan jajaran Polda Lampung” Ungkapnya.

Kapolda Lampung melanjutkan Operasi Sikat Krakatau 2023, jajaran Polda Lampung berhasil menangkap 307 pelaku kejahatan dari 334 laporan dari kasus pencurian pemberatan (Curat), pencurian kekerasan (Curas), dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Kapolda Lampung, Irjen Helmy Santika mengatakan, Operasi Sikat Krakatau 2023 dilaksanakan selama 14 hari mulai 15-29 Mei 2023, sebagai bentuk keseriusan Polda Lampung untuk menekan angka kriminalitas, dalam mewujudkan Lampung yang aman.

“Ini bentuk keseriusan dan kami tidak akan berhenti, kami tidak akan kendor mengungkap peristiwa yang belum terungkap, termasuk tersangka lain yang belum tertangkap,” kata Irjen Helmy Santika.

Dari hasil penangkapan tersebut, diamankan sejumlah barang bukti diantaranya berupa uang tunai Rp. 10.810.835 (Sepuluh Juta Delapan Ratus Sepuluh Ribu Delapan Ratus Tiga Puluh Lima Rupiah), 6 unit mobil, 80 unit sepeda motor, 36 pucuk senjata api, 18 butir amunisi peluru, dan 17 senjata tajam.

“Dalam pelaksanaannya, kami menetapkan target dan non target operasi, untuk target operasi ada 60 tersangka dan non target 247 tersangka,” ujar Helmy Santika.

Berdasarkan kejahatannya rinciannya ada Curat ada 163 laporan polisi dengan 178 tersangka, Curas ada 56 laporan dengan 39 tersangka, dan Curanmor ada 29 laporan dengan 28 tersangka.

Sementara tersangka lainnya, ada kasus kepemilikan senjata api ada sembilan laporan dengan tiga tersangka, lalu ada kepemilikan senjata tajam ada dua laporan dengan tiga tersangka.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Lampung juga menyerahkan barang bukti sepeda motor yang telah didapatkan dari hasil pengungkapan kasus kejahatan kepada para korban.

(Oby)




251 Juta Dana Kelurahan Cirimekar Untuk Drainase

CIBINONG, (TB) – Kelurahan Cirimekar, Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor merealisasikan pembangunan infrastruktur pembangunan saluran air atau drainase di lingkungan RT 02 RW 03 sepanjang 295 meter.

“Untuk anggaran Dana Kelurahan tahap 1 ini sebesar Rp 251 juta, kita merealisasikan pembangunan drainase di RT 02 RW 03 dengan volume 295x30x30 centimeter, dengan anggaran,” ungkap Lurah Cirimekar, Irwan Tajarudin kepada media ini, Jum’at (26/05).

Untuk tahap 2 nanti lanjutnya, Kelurahan telah menjadwalkan untuk pembangunan infrastruktur  jalan lingkungan di beberapa titik. Untuk pekerjaan sepenuhnya dikerjakan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan tersebut.

“Kita selalu berupaya agar proyek pembangunan infrastruktur tersebut terbangun sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) serta Petunjuk Teknis (Juknis) yang ada. Kita awasi dengan terjun langsung untuk pada saat pelaksanaan pekerjaannya,” tutur Irwan.

Namun sayangnya hingga berita ini disiarkan, pihak LPM selaku pelaksana di lapangan belum berhasil dimintakan keterangannya. Sehingga terkait untuk apa saja anggaran yang dinilai cukup fantastis sebesar Rp.251 juta itu dianggarkan, media ini belum berhasil mendapatkan konfirmasi resminya. (Sto)




Pelakunya Ditangkap, Bocah Korban Penculikan Anak di Jonggol Akhirnya Dikembalikan Kepada Orang Tua 

BOGOR, (TB) – Kasus penculikan anak SM (3th) di wilayah desa Sukamaju, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor beberapa waktu yang lalu (16 Mei 2023) yang dilaporkan oleh ED (38) pada 18 Mei 2023, akhirnya berhasil di ungkap Polsek Jonggol dan Sat Reskrim Polres Bogor.

Pelaku berinisial RS (33) berhasil di tangkap, oleh jajaran Sat Reskrim Polres Bogor dan Polsek Jonggol di wilayah Kabupaten Samosir Sumatera Utara.

” Tepat di hari ini Selasa 30 Mei 2023 pihak Polres Bogor di pimpin langsung Kapolres Bogor Polda Jabar AKBP Dr. Iman Imanuddin, bersama Jajaran Polsek Jonggol Polres Bogor Polda Jabar menyerahkan serta mengembalikan langsung korban SM (3) tahun kepada Ibu Kandungnya ED (38). Korban SM (3) tahun telah menjadi korban penculikan oleh pelaku RS (33) Berhasil Menangkap Tersangka.” Ungkap Kapolres Bogor.

Kapolres Bogor Polda AKBP Dr. Iman Imanuddin melanjutkannya bahwasanya anak korban dari penculikan tersebut kami serahkan langsung kepada ibu kandung korban dalam keadaan sehat. Akan tetapi kami akan terus melakukan pendampingan terhadap kondisi psikologis korban, dan melakukan pemulihan atau trauma healing atas kejadian yang ia alami, karena dari kondisi yang kami lihat, anak tersebut masih ada rada takut apabila bertemu dengan seorang laki-laki dewasa, jelas AKBP Iman kepada wartawan.

Dari keterangan yang kami dapat dari ibu korban ini, bahwa selama dalam penguasaan tersangka yang sudah berjalan sekitar 5 hari tersebut, tersangka sempat mengancam akan melakukan kekerasan terhadap anaknya dengan meminta sejumlah uang dengan pengancaman, namun dari pihak kepolisian yang melakukan pengejaran terhadap pelaku dapat menangkap tersangka pelaku sehingga  mencegah terjadinya kekerasan dan tindakan apapun terhadap korban.

” Kami berhasil menyelamatkan korban SM dan membawa pulang kembali ke bogor,” ungkap AKBP Iman Imanuddin.

ED Selaku Ibu dari korban penculikan anak tersebut menyampaikan  ucapan terimakasih kepada pihak kepolisian yang telah berhasil menangkap pelaku dan membawa anaknya kembali dengan keadaan sehat dan selamat.

” Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Kapolda Kabar, Kapolres Bogor dan juga Kapolsek Jonggol dan semua Jajaran, saat ini anak saya sudah bisa kembali lagi berkumpul dengan saya. Sekali lagi saya sangat mengapresiasi kinerja Kepolisian Polres Bogor”. ucap ED. (Sto)




BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Tawarkan Berbagai Kemudahan Melalui Inovasi Kanal Layanan JKN

CIBINONG, (TB) – BPJS Kesehatan Cabang Cibinong terus mensosialisasikan kemudahan layanan termasuk pendaftaran Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Bogor.

Upaya ini dilakukan mengingat Kabupaten Bogor merupakan kabupaten terluas dengan jumlah penduduk terbanyak. Menurut data konsolidasi Kemendagri Semester satu tahun 2022 tercatat sebanyak 5.385.219 jiwa. Sedangkan sampai bulan April 2023 peserta Kabupaten Bogor yang sudah terlindungi JKN tercatat sebanyak 4.816.021 jiwa dan masih ada 569.198 jiwa yang belum terlindungi JKN.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Betty Parapat pada kegiatan Ngobrol Program Terkini (Ngopi) JKN, Kamis (30/05).

“Sosialisasi secara masif terus dilakukan bekerjasama dengan media, dinas komunikasi dan pemerintah daerah untuk memaksimalkan penyebaran informasi. Informasi pemanfaatan layanan digital yang diintegrasikan dengan Aplikasi Mobile JKN demi simplifikasi layanan ditawarkan untuk peserta JKN. Ini terus kami dorong bagi peserta JKN yang ingin berobat ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk dapat memanfaatkan menu antrean online pada Aplikasi Mobile JKN,” ujar Betty.

Selain menjelaskan pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN, Betty menambahkan penjelasan terkait kanal layanan informasi salah satunya petugas BPJS Siap Membantu (SATU) di rumah sakit. Petugas BPJS Satu ditugaskan di rumah sakit merupakan termasuk upaya BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

BPJS Kesehatan Cabang Cibinong telah melakukan upaya sosialisasi melalui daring dinamakan KEVIN (Kelas Virtual Sosialisasi JKN). Kegiatan tersebut dilakukan secara rutin setiap minggunya dengan tema dan pembahasan yang berbeda. Langkah tersebut dianggap efektif sebagai upaya sosialisasi Program JKN dan mendapatkan atensi masyarakat untuk mengikuti kegiatan, harapannya masyarakat semakin mengerti hak dan kewajiban sebagai peserta JKN dan pahan terkait alur pelayanan kesehatan mau pun administrasinya.

“Jika peserta JKN yang berobat di rumah sakit membutuhkan informasi terkait layanan Program JKN atau pun menyampaikan keluhan atas pelayanan yang didapat selama berobat dapat disampaikan kepada petugas BPJS Satu. Di seluruh mitra rumah sakit di Kabupaten Bogor sudah terpasang foto dan nomor petugas BPJS Satu yang siap membantu peserta JKN jika ada kendala di rumah sakit,” tambah Betty.

Pada kesempatan yang sama disampaikan juga informasi pembayaran cicilan yang dapat dimanfaatkan masyarakat atau dikenal dengan program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB).

Peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau dikenal peserta mandiri yang belum membayar iuran atau menunggak lebih dari tiga bulan ditambah satu bulan berjalan dapat memanfaatkan program tersebut dengan daftar melalui Aplikasi Mobile JKN atau Care Center 165.

Pada kesempatan yang sama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Ichwansyah Gani menggaris bawahi fokus BPJS Kesehatan di tahun ini yakni transformasi peningkatan mutu layanan, dimana peserta JKN berhak mendapatkan pelayanan mudah, cepat dan setara.

Selain menyuguhkan berbagai kemudahan dan akses layanan berbasis digital antara lain Aplikasi Mobile JKN, PANDAWA (Pelayanan  Administrasi Melalui Whatsapp) di nomor 08118165165, BPJS Kesehatan Care Center 165, VIKA (Voice Interactive JKN), CHIKA (Chat Asistant JKN) di nomor 08118750400, peserta JKN yang berobat juga dimudahkan dengan hanya menunjukkan NIK atau Kartu JKN tanpa membawa fotokopi berkas.

Dalam penutupannya Iwan mengatakan sudah seharusnya di era saat ini masyarakat memanfaatkan pelayanan secara digital yang tentunya sangat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan, tanpa perlu ke kantor cabang dan antre, semua pelayanan JKN dalam genggaman. Hal ini membuktikan BPJS Kesehatan terus berfokus pada pengembangan inovasi dalam peningkatan mutu layanan dan haknya dalam mendapatkan layanan yang mudah, cepat dan setara. (Sto)




Aneh bin Ajaib, Paket Pekerjaan Selesai Dikerjakan Tiba-tiba Muncul Tayangan di LPSE Dibatalkan

BOGOR, (TB) – Paket pekerjaan dengan metode Pengadaan Langsung (PL) Pemeliharaan Taman lingkungan di Kelurahan Harapan Jaya Cibinong pada Satuan Kerja (Satker) Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor patut dipertanyakan.

Pasalnya kegiatan yang berlokasi di komplek perumahan Telaga Pesona Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Cibinong tersebut yang dilaksanakan oleh pelaksana PT. Dinamika Bangun Mandiri antara nilai kontrak dengan pekerjaan diduga tidak sesuai dengan spesifikasinya, sehingga dapat di kategorikan telah terjadi dugaan mark-up anggaran.

Berdasarkan tinjauan tim Media ini di lokasi tempat pekerjaan, kegiatan dengan nilai kontrak Rp. 173.476.200.00, itu hanya ditemukan penanaman bunga-bunga di sekitar pembatas tengah jalan pada komplek Telaga Pesona tersebut.

“Memang ada dilakukan pekerjaan pemeliharaan taman lingkungan berupa penanaman bunga-bunga di sekitar pembatas tengah jalan di komplek yang panjangnya kurang lebih sekitar 300 meter.” tutur salah satu Security (Satpam)  komplek perumahan kepada wartawan.

Selain dugaan mark-up anggaran, te didapat pula kejanggalan pada penayangan paket tersebut pada laman Website LPSE kabupaten bogor. Dimana sebelumnya, dalam tayangan di Website LPSE dinyatakan bahwa paket Pengadaan Langsung (PL) tersebut, sudah dilakukan Penandatanganan Kontrak, dengan Pelaksana pekerjaan yakni PT. Dinamika Bangun Mandiri dan tertulis Paket sudah selesai.

Namun anehnya, tiba-tiba pada saat di cek kembali pada tanggal 25 Mei 2023, tertulis paket pengadaan langsung itu batal dan tahap paket dibatalkan.

Warman dari pihak UKPBJ Kabupaten Bogor yang dikonfirmasi terkait kejanggalan tersebut mengaku merasa heran dan kaget, namun dirinya memberikan pernyataan bahwa terkait pembatalan khusus pada paket pengadaan langsung itu, hanya bisa dilakukan oleh User dari Dinas terkait (DPKPP).

“Yang menayangkan khususnya Paket Pengadaan Langsung (PL), dengan anggaran yang dibawah 200 juta itu, hanya bisa dilakukan Usernya yaitu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pengadaan (PP) DPKPP,” jelas Warman.

Sementara itu Alpin selaku  pihak pelaksana PT. Dinamika Bangun Mandiri yang dikonfirmasi melalui telpon whatsappnya membenarkan pekerjaan Pemeliharaan Taman Lingkungan di Kelurahan Harapan Jaya Kecamatan Cibinong, di Komplek Pesona Telaga itu telah selesai di kerjakan.

“Iya benar, memang kita yang mengerjakan dan sudah kita kerjakan pada bulan April 2023 kemarin, pekerjaannya pun sudah selesai sesuai spesifikasi dan sudah selesai PHO, cuma ada sedikit penagihan yang masih tersangkut,” ungkap Alpin.

Terpisah H.Nunung selaku Kepala Bidang PSU pada Dinas DPKPP Kabupaten Bogor yang membidangi kegiatan tersebut, hingga berita ini disiarkan terkesan enggan memberikan keterangan saat dikonfirmasi melalui telepon atau pesan elektronik (WhatsApp) miliknya.

Dengan kejadian seperti ini, kuat dugaan, dalam pekerjaan Pengadaan Langsung (PL) yang nilainya dibawah 200 Juta kerap terjadi hal yang serupa yaitu paket pekerjaan dianggarkan, namun di lapangan pekerjaan tersebut, tidak sesuai spesifikasi atau malah pekerjaan bisa juga fiktif.

Untuk itu, agar kasus-kasus seperti ini tidak terjadi lagi, baik di Dinas DPKPP, maupun di Dinas-Dinas lain di Kabupaten Bogor, seyogyanya aparat penegak hukum dalam hal ini Kepolisian, Inspektorat dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor, bisa mengusut kasus-kasus seperti ini, karena patut diduga hal seperti itu sudah menjadi permainan para pejabat nakal demi mencari keuntungan pribadi. (Sto)




Survei LSI Denny JA: Istilah Petugas Partai Bikin Ganjar Keok dari Prabowo

JAKARTA, (TB) – Hasil survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, mencatat sosok Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga pendiri dan ketua partai, dinilai oleh publik sebagai strong leader dibandingkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang selama ini identik sebagai petugas partai PDIP.

Publik cenderung lebih banyak memilih Prabowo sebagai sosok _strong leader_ untuk menumbuhkan ekonomi di angka 56,2 persen, diikuti mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan di 18,7 persen, dan Ganjar di posisi paling bawah di angka 14,8 persen.

“Masyarakat melihat, _image_ atau sebutan petugas partai ini juga sedikit banyak mengurangi sosok _strong leader_ yang memang dialamatkan kepada capres-capres yang ada,” kata peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa, Senin (29/5) dalam peluncuran survei via YouTube.

“Bahkan, ketika dipadukan dengan ketua umum partai yang ada, kita lihat istilah petugas partai melemahkan Ganjar di hadapan Prabowo,” kata dia.

Ardian melanjutkan, jika dibandingkan dengan data populasi umum survei LSI Denny JA, yakni popularitas keseluruhan tanpa embel-embel _strong leader_, Prabowo tetap unggul di angka 33,9 persen diikuti Ganjar di angka 31,9 persen, dan Anies di posisi ketiga dengan 20,8 persen.

“Petugas partai tak mengesankan sebagai _strong leader_, apalagi sebagai pengendali pemerintah atau elit negara,” ujarnya.

Survei LSI Denny JA ini dilakukan kepada 1.200 responden dengan menggunakan metodeologi random sampling melalui wawancara tatap muka selama 3 hingga 14 Mei 2023 dengan _margin of error_ sebesar 2,9 persen. (Red)