Aneh bin Ajaib, Paket Pekerjaan Selesai Dikerjakan Tiba-tiba Muncul Tayangan di LPSE Dibatalkan

0

Paket Pekerjaan Pemeliharaan Taman Lingkungan di Kelurahan Harapan Jaya Kecamatan Cibinong

Spread the love
image_pdfimage_print

BOGOR, (TB) – Paket pekerjaan dengan metode Pengadaan Langsung (PL) Pemeliharaan Taman lingkungan di Kelurahan Harapan Jaya Cibinong pada Satuan Kerja (Satker) Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor patut dipertanyakan.

Pasalnya kegiatan yang berlokasi di komplek perumahan Telaga Pesona Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Cibinong tersebut yang dilaksanakan oleh pelaksana PT. Dinamika Bangun Mandiri antara nilai kontrak dengan pekerjaan diduga tidak sesuai dengan spesifikasinya, sehingga dapat di kategorikan telah terjadi dugaan mark-up anggaran.

Berdasarkan tinjauan tim Media ini di lokasi tempat pekerjaan, kegiatan dengan nilai kontrak Rp. 173.476.200.00, itu hanya ditemukan penanaman bunga-bunga di sekitar pembatas tengah jalan pada komplek Telaga Pesona tersebut.

“Memang ada dilakukan pekerjaan pemeliharaan taman lingkungan berupa penanaman bunga-bunga di sekitar pembatas tengah jalan di komplek yang panjangnya kurang lebih sekitar 300 meter.” tutur salah satu Security (Satpam)  komplek perumahan kepada wartawan.

Selain dugaan mark-up anggaran, te didapat pula kejanggalan pada penayangan paket tersebut pada laman Website LPSE kabupaten bogor. Dimana sebelumnya, dalam tayangan di Website LPSE dinyatakan bahwa paket Pengadaan Langsung (PL) tersebut, sudah dilakukan Penandatanganan Kontrak, dengan Pelaksana pekerjaan yakni PT. Dinamika Bangun Mandiri dan tertulis Paket sudah selesai.

Namun anehnya, tiba-tiba pada saat di cek kembali pada tanggal 25 Mei 2023, tertulis paket pengadaan langsung itu batal dan tahap paket dibatalkan.

Warman dari pihak UKPBJ Kabupaten Bogor yang dikonfirmasi terkait kejanggalan tersebut mengaku merasa heran dan kaget, namun dirinya memberikan pernyataan bahwa terkait pembatalan khusus pada paket pengadaan langsung itu, hanya bisa dilakukan oleh User dari Dinas terkait (DPKPP).

“Yang menayangkan khususnya Paket Pengadaan Langsung (PL), dengan anggaran yang dibawah 200 juta itu, hanya bisa dilakukan Usernya yaitu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pengadaan (PP) DPKPP,” jelas Warman.

Sementara itu Alpin selaku  pihak pelaksana PT. Dinamika Bangun Mandiri yang dikonfirmasi melalui telpon whatsappnya membenarkan pekerjaan Pemeliharaan Taman Lingkungan di Kelurahan Harapan Jaya Kecamatan Cibinong, di Komplek Pesona Telaga itu telah selesai di kerjakan.

“Iya benar, memang kita yang mengerjakan dan sudah kita kerjakan pada bulan April 2023 kemarin, pekerjaannya pun sudah selesai sesuai spesifikasi dan sudah selesai PHO, cuma ada sedikit penagihan yang masih tersangkut,” ungkap Alpin.

Terpisah H.Nunung selaku Kepala Bidang PSU pada Dinas DPKPP Kabupaten Bogor yang membidangi kegiatan tersebut, hingga berita ini disiarkan terkesan enggan memberikan keterangan saat dikonfirmasi melalui telepon atau pesan elektronik (WhatsApp) miliknya.

Dengan kejadian seperti ini, kuat dugaan, dalam pekerjaan Pengadaan Langsung (PL) yang nilainya dibawah 200 Juta kerap terjadi hal yang serupa yaitu paket pekerjaan dianggarkan, namun di lapangan pekerjaan tersebut, tidak sesuai spesifikasi atau malah pekerjaan bisa juga fiktif.

Untuk itu, agar kasus-kasus seperti ini tidak terjadi lagi, baik di Dinas DPKPP, maupun di Dinas-Dinas lain di Kabupaten Bogor, seyogyanya aparat penegak hukum dalam hal ini Kepolisian, Inspektorat dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor, bisa mengusut kasus-kasus seperti ini, karena patut diduga hal seperti itu sudah menjadi permainan para pejabat nakal demi mencari keuntungan pribadi. (Sto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *