Ternyata Ini Bagian Tubuh Manusia Yang Tidak Memiliki Pembuluh Darah

0
Spread the love
image_pdfimage_print

LIFESTYLE, (TB) – Pembuluh darah memiliki fungsi penting untuk mendistribusikan darah ke seluruh tubuh dengan tujuan agar tubuh bisa berfungsi dengan baik. Tetapi, ternyata ada bagian tubuh yang tidak memerlukan adanya pembuluh darah. Tampak mengejutkan memang, karena tubuh tanpa pembuluh darah berarti tidak ada darah yang mengangkut oksigen dan nutrisi tertentu ke bagian tubuh itu.

Tetapi, ada salah satu sel hidup yang tidak menerima suplay darah langsung dari pembuluh darah, yaitu kornea mata. Sebab, kornea mata mendapatkan oksigen dan nutrisi langsung dari cairan air mata dan juga langsung dari udara. Kornea mata juga mendapatkan nutrisi dari Aqueous humour.

Dikutip dari laman Britannica, Aqueous Humour adalah sejenis cairan sedikit basa yang menempati ruang anterior dan posterior mata, yaitu suatu ruang di depan iris dan lensa mata dan ruang yang bentuknya seperti cincin yang mengelilingi lensa.

Aqueous humour juga menyerupai plasma darah namun mengandung lebih sedikit protein dan glukosa. Cairan ini lebih banyak mengandung asam laktat, dan asam askorbat yang menyediakan nutrisi serta oksigen ke jaringan mata yang kekurangan suplai darah langsung.

Tetapi, ada pula kondisi tertentu yang menyebabkan area mata kekurangan oksigen. Kondisi tersebut bernama hipoksia dan biasanya terjadi saat kornea tidak mendapatkan cukup oksigen. Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh penggunaan lensa kontak, terutama dalam jangka panjang. Sehingga yang terjadi adalah, lensa kontak bisa mengurangi suplai oksigen ke kornea dan membuat korena membengkak. Mengingat tidak adanya suplai darah dari pembuluh darah di kornea sehingga oksigen didapat lebih banyak dari udara.

 

Article by. Haluan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *