6 Kontrakan Hangus Terbakar di Ciawi, Kerugian Ditaksir Hingga Ratusan Juta Rupiah 

BOGOR, (TB) – Sekurangnya 6 rumah kontrakan hangus terbakar akibat kebakaran yang terjadi di wilayah Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor, Pada Jum’at (31/03/2023). Peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 04.50 WIB

Kapolsek Ciawi Polres Bogor Kompol Agus Hidayat, S.H Menerangkan Kebakaran yang awalnya diketahui warga tersebut bersumber dari salah satu pintu kontrakan yang berisi makanan ringan. Kepulan asap yang kemudian membesar dengan cepat, hingga menghanguskan 6 pintu kontrakan. Terangnya

Pihak Kepolisian Polsek Ciawi yang menerima informasi tersebut pun mencoba memadamkan api bersama warga, sebelum pada akhirnya sebanyak 4 (empat) unit mobil pemadam kebakaran datang dan berhasil memadamkan kobaran api.

” Syukur alhamdulilah akibat kejadian tersebut tidak sampai menelan korban jiwa, hanya saja menyebabkan kerugian materil  diperkirakan hingga ratusan juta rupiah,”  Jelas Kompol Agus.

Sementara itu penyebab terjadinya kebakaran tersebut di duga akibat adanya konsleting arus listrik, tutup Kompol Agus Hidayat. (Sto)




Bupati Pesawaran Beberkan Capaian Kinerja Pemerintahanya di Rapat Paripurna LKPJ 

PESAWARAN, (TB) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesawaran gelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Pesawaran Tahun Anggaran 2022, bertempat di Ruang Rapat DPRD setempat, Jumat (31/03/2023).

Hadir dalam rapat tersebut Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Wakil Bupati Pesawaran S. Marzuki, S. Sos, Ketua DPRD Pesawaran Suprapto, Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo, Sekretaris Daerah Wildan, dan seluruh anggota DPRD setempat serta tamu undangan.

Bupati Pesawaran dalam Laporannya menyampaikan bahwa salah satu capaian pembangunan di Kabupaten Pesawaran pada Tahun 2022 ialah Opini BPK RI dengan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian dengan capaian 100 persen.

Dihadapan para Anggota DPRD Kabupaten Pesawaran dan jajaran Forkopimda Kabupaten Pesawaran dan tamu undangan, Dendi menjelaskan selain capaian WTP, secara statistik capaian pembangunan di Kabupaten Pesawaran pada Tahun 2022 merupakan RPJMD Tahun 2021-2026, dapat diukur secara kuantitatif diantaranya Predikat SAKIP mendapat nilai B dengan capaian 99,33 persen.

“Selain itu, Indeks SPBE pada angka 1,95 dengan capaian 102,09 persen, Indeks Persepsi Korupsi pada angka 74,84 dengan capaian 97,03 persen dan Indeks Kepuasan Masyarakat pada angka 3,15 dengan capaian 102,94 persen,” ucapnya.

Lalu dalam tingkat aksesibilitas antar wilayah dan sektor strategis sebesar 64.78 persen dengan capaian 95,77 persen, Indeks infrastruktur dasar sebesar 89,75 persen dengan capaian 105,32 persen dan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) pada angka 64,21 dengan capaian 102,77 persen.

Kemudian Bupati Pesawaran juga menambahkan angka rata-rata lama sekolah pada poin 7.77 dengan capaian sebesar 98,35 persen.

“Angka harapan lama sekolah pada poin 12,61 dengan capaian 101,69 persen serta angka harapan hidup dengan rasio 69.44 atau capaian 100,14 persen,” imbuhnya.

Dendi juga menyebutkan bahwa Pengeluaran per Kapita (dalam Ribu Rupiah/Orang/Tahun) dengan nilai 8.192,00 Ribu Rupiah atau capaian 92.05 persen.

“Nilai PDRB dengan nilai 12.016,35 Miliar Rupiah atau capaian 103.77 persen, Persentase angka kemiskinan pada angka 13,85 persen dengan capaian 100,94 persen dengan tingkat pengangguran terbuka pada angka 5,06 persen dengan capaian 85,77 persen,” timpalnya.

Dalam segi investasi, jumlah nilai investasi sebesar 314.881,31 Juta Rupiah dengan capaian 132.39 persen dan persentase desa maju dan mandiri sebesar 28,47 persen dengan capaian 241,07 persen.

Bupati Dendi yang juga Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung berharap kepada Lembaga Legislatif dapat memberikan saran, masukan ataupun koreksi guna perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah selanjutnya.

“Terakhir kami berharap kepada Anggota Dewan yang terhormat agar dapat memberikan saran, masukan ataupun koreksi terhadap Penyelenggaraan Pemerintahan Urusan Konkuren, Tugas Pembantuan dan Tugas Umum Pemerintahan,” tuturnya.

Dan tak lupa, Bung Dendi menyampaikan terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung Pemerintah Kabupaten Pesawaran pada tahun 2022.

” Terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan Anggota Dewan yang terhormat, segenap aparatur pemerintah, dan semua pihak khususnya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pesawaran atas bantuan dan kerjasamanya, sehingga penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Kabupaten Pesawaran selama Tahun 2022 dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa pandangan dari Fraksi DPRD, yang berkasnya diserahkan yakni dari Partai PAN, PKB, Golkar, Nasdem dan Gerindra. Untuk berkas yang dibacakan dari Partai PDI P dan Partai Demokrat.( Oby / Rif )




Kompolnas Awards, Sarana Kompolnas Menilai Kinerja Polri

JAKARTA, (TB) – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kembali menyelenggarakan kompetisi bertajuk ‘Kompolnas Awards 2023’. Perhelatan kompetisi ini dalam rangka pemberian apresiasi atas kinerja satuan wilayah dan satuan kerja di lingkungan Polri.

Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto mengatakan, Kompolnas Awards merupakan sarana bagi Kompolnas untuk menilai kinerja Satwil dan Satker Mabes Polri, sesuai dengan tujuan Kompolnas untuk mewujudkan Polri yang profesional dan mandiri.

“Tujuan penyelenggaraan Kompolnas Awards, yang pertama adalah untuk memberikan dukungan motivasi bagi Satwil dan Satker Mabes Polri untuk meningkatkan kinerja. Kemudian kedua, untuk membangun rasa percaya diri Satwil dan Satker melalui pemberian apresiasi berupa Kompolnas Awards atas prestasi kinerja,” ujar Benny di Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Tujuan selanjutnya adalah sebagai penyemangat bagi Satwil dan Satker untuk saling berkompetisi menunjukkan prestasi berupa kinerja yang profesional dan mandiri.

Benny menuturkan, berkaca dari kompetisi tahun lalu, Kompolnas Awards telah mampu memberikan motivasi kepada para personel. Alhasil, anggota pun selalu bersemangat untuk terus melakukan kinerja terbaik, meski kepercayaan publik terhadap Polri yang sempat merosot karena berbagai permasalahan yang muncul.

“Karena itu, tahun ini kembali kegiatan ini dilaksanakan dengan berbagai penyempurnaan atas evaluasi tahun lalu, serta adanya penambahan kategori yaitu penghargaan untuk Satuan Kerja, yang dinilai berkinerja baik untuk mewujudkan Polri yang professional dan mandiri, sesuai kriteria yang telah ditetapkan oleh Kompolnas,” terang Benny.

Dalam penyelenggaraan Kompolnas Awards 2023 ini, akan ada tiga kelompok, yakni Kelompok Satuan Kerja (Satker) dan Unit Kerja di lingkungan Mabes Polri yang melakukan aktivitas pelayanan publik; Satwil di lingkungan Polda yang sebelumnya masuk dalam Polda Tipe A Khusus dan Tipe A; dan Satwil di lingkungan Polda yang sebelumnya masuk dalam Polda Tipe B.

“Untuk kelompok satu, jumlah Satker dan Unit Kerja yang dinilai dalam kompetisi ini berjumlah 65 buah. Sedangkan untuk kelompok dua, terdiri dari 11 Polda, 253 Polres, dan 2887 Polsek. Untuk kelompok tiga, terdiri dari 23 Polda, 255 Polres, dan 2068 Polsek,” kata Benny.

Dengan pembagian tersebut, penghargaan Kompolnas Award akan diberikan untuk tujuh penerima, yaitu terbaik kategori Satker/Unit Kerja, serta masing-masing terbaik di kelompok A dan B untuk tingkat Polda, Polres, dan Polsek.

Lebih lanjut, Benny mengatakan, untuk penyelenggaraan di 2023 ini, indikator penilaian untuk tingkat Polda adalah rasio penyelesaian SKM (saran dan keluhan masyarakat) yang masuk ke Kompolnas; indeks
transformasi pengawasan; integritas Satwil; kinerja operasional Satwil; manajemen media; indeks transformasi pelayanan publik; respon publik atas kinerja personel; serta kemampuan Satwil dalam pemetaan potensi kerawanan Pemilu atau Pilkada 2024.

Sedangkan indikator penilaian untuk tingkat Satwil Polres yakni indeks transformasi pengawasan; integritas Satwil; integritas personel; kinerja operasional Satwil; manajemen media; indeks transformasi pelayanan publik; respon publik atas kinerja personel; serta kemampuan Satwil dalam pemetaan potensi kerawanan Pemilu/Pilkada Serentak 2024.

Sementara untuk indikator penilaian tingkat Polsek adalah integritas personel; kinerja operasional Satwil; aktivitas Harkamtibmas; aktivitas perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat; kinerja Bhabinkamtibmas; serta terobosan kreatif Polsek.

Untuk tingkat Satker dan Unit Kerja Satker, indikator yang dipergunakan untuk penilaian yaitu manajemen perubahan; penataan tata laksana; penataan system manajemen SDM; penguatan akuntabilitas; penguatan pengawasan; dan peningkatan kualitas pelayanan.

“Juri dalam pelaksanaan Kompolnas Awards 2023 terdiri dari unsur Komisioner Kompolnas, unsur Itwasum, unsur tokoh masyarakat, serta unsur konsultan (Markplus),” ujar Benny.

Pada penentuan penerima anugerah nantinya akan dilakukan oleh juri bersama dengan pleno komisioner Kompolnas. Adapun untuk penyerahan anugerah Kompolnas Awards 2023, akan dijadwalkan pada akhir Juni 2023, bersamaan dengan penyelenggaraan Rapat Koordinasi Pengawasan Kompolnas-Polri. (Red)




Pejabat Bupati Mesuji Sulpakar Hadiri Musrenbang RKPD 2024

MESUJI, (TB) – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Mesuji atas sejumlah prestasi yang telah berhasil diraih dari Kementerian Keuangan RI.

Kabupaten Mesuji berhasil meraih Penghargaan dari Kementerian Keuangan R.I sebagai Peringkat ke-3 Penyalur BLT Dana Desa Tercepat, Penghargaan Peringkat ke-2 Penyalur seluruh Tahap DAK Fisik Tercepat, dan Penghargaan Peringkat Terbaik ke-3 Kategori Kinerja Pengelolaan Dana Desa Tahun 2022.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan, yang membacakan sambutan tertulis Gubernur Lampung pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2024 dengan tema “Penguatan Perekonomian Daerah yang bertumpu pada peningkatan Produktifitas Pertanian” di GSG Taman Kehati Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Mesuji, Senin (27/3/2023).

“Semoga capaian tersebut dapat memotivasi seluruh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Mesuji untuk terus mengembangkan peran fiskal daerah untuk membangkitkan pembangunan di berbagai sektor,” ungkapnya.

Kepala Bappeda Provinsi Lampung melanjutkan, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Mesuji tahun 2022 tumbuh positif sebesar 3,49%, namun masih di bawah rata-rata pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung.

Sementara itu, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Mesuji tahun 2022 adalah 3,22%; yang berarti lebih baik dibanding rata-rata Provinsi Lampung maupun Nasional.

Angka Kemiskinan Kabupaten Mesuji tahun 2022 tercatat 6,84% merupakan angka terendah di Provinsi Lampung. Demikian pula untuk tingkat kemiskinan ekstrem Kabupaten Mesuji tahun 2022 yang sebesar 0,38% juga merupakan angka terendah di Provinsi Lampung.

“Untuk itu kami mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Mesuji, yang secara konsisten menurunkan angka kemiskinan dengan kebijakan program yang terarah serta memprioritaskan rumah tangga miskin dalam Basis Data Terpadu sebagai sasaran program penanggulangan kemiskinan,” ujar Kepala Bappeda.

Selanjutnya, capaian IPM Kabupaten Mesuji Tahun 2022 sebesar 64,94. “Terkait dengan capaian IPM tersebut, tentunya Saya berharap agar capaian IPM Kabupaten Mesuji perlu terus ditingkatkan melalui perluasan akses Pendidikan dan Kesehatan. Saya meyakini, bahwa potret tersebut akan semakin memacu tekad kita untuk terus melakukan perbaikan,” tambahnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pj. Bupati Mesuji, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Mesuji, Anggota Forkopimda Kabupaten Mesuji, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Para Asisten/Kepala Badan/Dinas- Instansi/ Camat se- Kabupaten Mesuji, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan, Akademisi, Kalangan Dunia Usaha, dan Media. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung). (ADV)




Patroli QR Polsek Kesambi, Tangkap Pengedar Petasan Bernilai Puluhan Juta

CIREBON KOTA, (TB) – Personel Polsek Kesambi Polres Cirebon Kota Polda Jabar, berhasil mengamankan petasan dalam jumlah besar. Yang dimuat menggunakan kendaraan Pick up warna hitam. Rabu (29/3/23).

Kapolres Cirebon Kota AKBP Ariek Indra Sentanu, memberikan apresiasi atas penangkapan tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada personel Polsek Kesambi atas kejeliannya ketika patroli. Sehingga dapat menangkap dan menggagalkan peredaran petasan di kota Cirebon,” ucap Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan kronologis penangkapan tersebut. “Saat itu kendaraan pick up warna hitam yg di kemudikan oleh sdr. R, lk, 46 th, kab. Crb bersama dengan S, lk, 30 th, kab.crb. melintas di jalan Brigjend darsono Bay Pass. Personel QR Samapta Polsek Kesambi yang melakukan pemeriksaan menemukan adanya diduga petasan ukuran kecil-kecil sebanyak 40 karton yg berisi 400 pak petasan yang ditutupi dengan plastik rongsok serta terpal dengan nilai sekitar Rp. 12 juta”. Jelas Kapolres.

“Dari hasil pemeriksaan lanjutan selaku pemilik barang sdr. HN, lk, 23 th, yang beralamat di Arjawinangun Kabupaten Cirebon. Yang saat itu turut serta didalam kendaraan pick up,” tambahnya

Selanjutnya kendaraan berikut pengemudi dan barang bukti petasan di bawa ke Polsek Kesambi guna penyelidikan lebih lanjut.  (Red)




PB PMII Apresiasi Polri Tingkatkan Kepercayaan Publik

JAKARTA, (TB) – Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII), Muhammad Abdullah Syukri, mengapresiasi Polri atas kepercayaan publik yang kini telah mencapai 70,8%.

“Kami mengapresiasi Kapolri beserta segenap jajaran dalam meningkatkan kinerja institusi Polri untuk melaksanakan tugasnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dibuktikan dengan kepercayaan dari masyarakat yang meningkat,” ujar Abdullah kepada wartawan, dikutip Kamis (30/3/23).

Baca jugaPembunuh Dokter Mawarti Ditangkap, Menkes Apresiasi Polri

Ia menyatakan, sosok Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang humanis dan dekat dengan semua kalangan masyarakat merupakan salah satu faktor penting dalam kinerja kepolisian secara kelembagaan. Hal itu juga yang menjadikan masyarakat menaruh kepercayaan tinggi kepada Polri.

Lebih lanjut ia membeberkan, Polri pun sangat sering membantu setiap kegiatan organisasi. Oleh karenanya, ucapan terima kasih dihaturkan kepada Polri.

“Sebagai organisasi kepemudaan, PMII juga mengapresiasi Kapolri yang selalu mensupport agenda-agenda kepemudaan yang merupakan bagian penting dalam menyambut bonus demografi pada dekade yang akan mendatang,” jelasnya. (Red)




Pembunuh Dokter Mawarti Ditangkap, Menkes Apresiasi Polri

JAKARTA, (TB) – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi upaya kepolisian dalam mengusut kematian dokter spesialis paru yang telah mengabdi selama 6 tahun di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah itu.

“Saya mengapresiasi, Polri khususnya Polda Papua, yang telah mengusut dan membekuk tersangka,” ungkap Menkes, seperti dikutip dari pmjnews, Kamis (30/3/23).

Dalam keterangannya, Menkes mengatakan jaminan keamanan, keselamatan, dan kesehatan merupakan hak dari setiap tenaga kesehatan, khususnya bagi mereka yang mengemban misi kemanusiaan hingga ke pelosok Nusantara. Sehingga sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk dapat memastikan tenaga kesehatan yang sedang bertugas terlindungi keselamatannya.

“Saya secara khusus meminta TNI, Polri dan pemda untuk memberikan jaminan keamanan yang baik bagi dokter dan tenaga kesehatan lainnya. Sehingga nakes di manapun ditempatkan, bisa menjalankan tugasnya dengan baik,” jelasnya.

Sebelumnya, pihak kepolisian berhasil meringkus pelaku pembunuhan dokter spesialis paru-paru, Mawarti Susanthy (Mawar) di Nabire, Papua Tengah. Diketahui, pelaku adalah laki-laki berinisial KW. (Red)




DPRD kabupaten Mesuji Gelar Sidang Paripurna Istimewa Peringatan HUT Ke- 59 Provinsi Lampung

MESUJI, (TB) – DPRD kabupaten Mesuji menggelar sidang paripurna istimewa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-59 Provinsi Lampung dengan tema ” Lampung bersinergi Lampung berprestasi, di Gedung DPRD Mesuji, Senin (27/3/2023)

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Mesuji, Elfianah dan di hadiri anggota legislatif lainnya, serta Bupati Mesuji Drs Sulpakar.m.m dan Bpk Syamsuddin sekda Kabupaten Mesuji , beserta Jajarannya, Dandim 0426 tulang bawang, Kapolres Mesuji yg di wakili oleh bpk Sarijo, Kajari Mesuji .

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Mesuji Elfianah menilai, kondisi infrastruktur khususnya jalan di Mesuji kondisinya sangat memprihatinkan. Untuk itu, dia berharap agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dapat segera memperbaiki jalan-jalan provinsi di daerahnya.

“Mohon kiranya Pemprov Lampung untuk memperbaiki jalan provinsi di sini karena sudah banyak yang rusak,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Mesuji Sulpakar.M.M yang membacakan sambutan dari Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan, Pemprov Lampung sangat mengapresiasi peranan yang telah dilakukan oleh pihak legislatif. Mulai dari penyusunan anggaran, pengawasan, dan kontrol kebijakan pemerintahan daerah.

“Apresiasi tinggi juga diberikan pada semua pihak yang selama ini terus bersama-sama, semasa terjadinya pandemi Covid-19 dan pasca pandemi. Tanpa itu, mungkin kita akan sangat kesulitan untuk melewati pandemi ini,” paparnya.

Di kesempatan itu ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung pada triwulan II tahun 2022 menjadi yang tertinggi di Indonesia dengan pencapaian sebesar 9,12 persen. Pertumbuhan ekonomi itu didukung oleh peningkatan produksi dan nilai tambah pertanian yang memberikan kontribusi sebesar 4,28 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto/PDRB.

“Kondisi perekonomian itu berhasil menurunkan tingkat pengangguran terbuka sebesar 0,16 persen dan berdampak langsung pada penurunan angka kemiskinan yang kemiskinan yang cukup signifikan dari 12,62 persen per Maret 2021 menjadi 11,44 persen per Maret 2022,” tutur dia.

Tak hanya itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Lampung juga mengalami peningkatan dan berada di status tinggi. Sebelumnya, IPM Lampung hanya berada di angka 69,9 persen, kini jumlahnya berada di angka 70,45 persen.

“Pemprov Lampung juga mengucapkan terima kasih pada ahli waris Achmad Akuan atas penyerahan dokumen rekam jejak perjuangan Achmad Akuan pahlawan daerah Lampung untuk dilestarikan,” katanya.

Usai membacakan sambutan tertulis tersebut, pj. Bupati Sulpakar .m.m juga mengajak semua pihak untuk terus bersama-sama memberikan kontribusi yang positif pada kabupaten Mesuji. Dengan demikian, ‎kabupaten Mesuji dapat lebih berkembang dan maju di masa mendatang.

“Berikan yang terbaik untuk kabupaten Mesuji agar daerah yang kita cintai ini dapat lebih berkembang di masa mendatang,” imbau, (AVD )




Tarhib Ramadhan, Kanwil Provinsi Jabar Serahkan Bantuan Untuk Ormas Islam

BANDUNG, (TB) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jawa Barat, Drs. H.Ajam Mustajam M.Si., menyerahkan secara simbolis bantuan untuk 10 Ormas Islam dan Badan Wakaf Indonesia (BWI) di Jawa Barat berupa uang senilai Rp. 15.000.000,- (lima belas juta rupiah)/Ormas dan bingkisan pembersih kamar kecil masing-masing 1 dus. Bantuan diserahkan dalam rangka mengisi Tarhib Ramadhan di Masjid Al-Ikhlas Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, Kamis (30/03/2023).  

Kakanwil mengungkapkan bahwa keberadaan Ormas Islam di Jawa Barat telah membantu kinerja Kementerian Agama. Karena apa yang dilakukan Ormas Islam, menurutnya, disadari atau tidak sebagian dari pekerjaan Kementerian Agama.

“Tugas Kementerian Agama sungguh berat dan luar biasa, karena mengurus segala problematika kehidupan beragama secara keseluruhan, mulai dari masa lahir hingga kematian,” ungkapnya.

“Tingkat toleransi dan kerukunan umat beragama saat ini sedang digalakkan, di mana ada beberapa ketentuan yang harus disampaikan kepada masyarakat, yakni jelang tahun politik bahwa tempat ibadah untuk tidak dijadikan tempat kampanye,”  imbuhnya.

Jumlah ASN Kementerian Agama semakin hari semakin berkurang sementara beban pekerjaan semakin bertambah.  Menurut Kakanwil  dengan kehadiran ormas itu dapat meringankan beban tugas Kementerian Agama.

Adapun Ormas yang memperoleh bantuan di antaranya Majelis Ulama Indonesia, PW. Nahdlatul Ulama, PW. Muhammadiyah, PW. Mathlaul Anwar, PW. Persatuan Islam, PW. Alwashiliyah, DPW. Persatuan Umat Islam, PW. Muslimat Nahdlatul Ulama, PW. GP. Anshor dan PW. Fatayat Nahdlatul Ulama. (Red)




KNPI Lampung Buka Bersama Dengan Anak Panti Asuhan

BANDAR LAMPUNG, (TB) – Bulan suci Ramadhan merupakan bulan kemuliaan. Pada bulan ini, umat muslim menunaikan ibadah puasa. Umat muslim berlomba-lomba di bulan berkah ini, untuk melakukan kebaikan, misalnya bersedekah, berbagi takjil dan membantu sesama.

Di bulan yang penuh berkah ini, DPD KNPI Provinsi Lampung mengadakan buka bersama dengan anak-anak Panti Asuhan Mutiara Putri yang berlokasi di Perumahan Korpri, Sukarame Bandar Lampung, yang tujuan agar dapat berbagi keberkahan bersama, Rabu, 29 Maret 2023.

Pada kesempatan ini, Ketua DPD KNPI Provinsi Lampung, Iqbal Ardiansyah yang diwakili Ketua Harian Wawansyah mengatakan bahwa, DPD KNPI ingin dekat dengan masyarakat dan ingin berbagi kebahagiaan. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan ialah mengadakan buka puasa bersama dengan anak-anak panti asuhan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini membawa manfaat dan bernilai pahala untuk kita semua,” kata Bung Wawan, sapaan akrabnya.

Perlu diketahui, Bulan Ramadhan ini, (1444 H) DPD KNPI Provinsi Lampung akan terus berupaya melakukan kegiatan yang bernilai bermanfaat untuk masyarakat, seperti halnya memberi makan orang yang berpuasa. Sebagai Umat muslim meyakini bahwa, memberi makan orang berpuasa akan mendapat pahala yang besar, sebagaimana Hadits Rasulullah SAW .

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807). ( Oby )