Kompolnas Awards, Sarana Kompolnas Menilai Kinerja Polri

0
Spread the love
image_pdfimage_print

JAKARTA, (TB) – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kembali menyelenggarakan kompetisi bertajuk ‘Kompolnas Awards 2023’. Perhelatan kompetisi ini dalam rangka pemberian apresiasi atas kinerja satuan wilayah dan satuan kerja di lingkungan Polri.

Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto mengatakan, Kompolnas Awards merupakan sarana bagi Kompolnas untuk menilai kinerja Satwil dan Satker Mabes Polri, sesuai dengan tujuan Kompolnas untuk mewujudkan Polri yang profesional dan mandiri.

“Tujuan penyelenggaraan Kompolnas Awards, yang pertama adalah untuk memberikan dukungan motivasi bagi Satwil dan Satker Mabes Polri untuk meningkatkan kinerja. Kemudian kedua, untuk membangun rasa percaya diri Satwil dan Satker melalui pemberian apresiasi berupa Kompolnas Awards atas prestasi kinerja,” ujar Benny di Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Tujuan selanjutnya adalah sebagai penyemangat bagi Satwil dan Satker untuk saling berkompetisi menunjukkan prestasi berupa kinerja yang profesional dan mandiri.

Benny menuturkan, berkaca dari kompetisi tahun lalu, Kompolnas Awards telah mampu memberikan motivasi kepada para personel. Alhasil, anggota pun selalu bersemangat untuk terus melakukan kinerja terbaik, meski kepercayaan publik terhadap Polri yang sempat merosot karena berbagai permasalahan yang muncul.

“Karena itu, tahun ini kembali kegiatan ini dilaksanakan dengan berbagai penyempurnaan atas evaluasi tahun lalu, serta adanya penambahan kategori yaitu penghargaan untuk Satuan Kerja, yang dinilai berkinerja baik untuk mewujudkan Polri yang professional dan mandiri, sesuai kriteria yang telah ditetapkan oleh Kompolnas,” terang Benny.

Dalam penyelenggaraan Kompolnas Awards 2023 ini, akan ada tiga kelompok, yakni Kelompok Satuan Kerja (Satker) dan Unit Kerja di lingkungan Mabes Polri yang melakukan aktivitas pelayanan publik; Satwil di lingkungan Polda yang sebelumnya masuk dalam Polda Tipe A Khusus dan Tipe A; dan Satwil di lingkungan Polda yang sebelumnya masuk dalam Polda Tipe B.

“Untuk kelompok satu, jumlah Satker dan Unit Kerja yang dinilai dalam kompetisi ini berjumlah 65 buah. Sedangkan untuk kelompok dua, terdiri dari 11 Polda, 253 Polres, dan 2887 Polsek. Untuk kelompok tiga, terdiri dari 23 Polda, 255 Polres, dan 2068 Polsek,” kata Benny.

Dengan pembagian tersebut, penghargaan Kompolnas Award akan diberikan untuk tujuh penerima, yaitu terbaik kategori Satker/Unit Kerja, serta masing-masing terbaik di kelompok A dan B untuk tingkat Polda, Polres, dan Polsek.

Lebih lanjut, Benny mengatakan, untuk penyelenggaraan di 2023 ini, indikator penilaian untuk tingkat Polda adalah rasio penyelesaian SKM (saran dan keluhan masyarakat) yang masuk ke Kompolnas; indeks
transformasi pengawasan; integritas Satwil; kinerja operasional Satwil; manajemen media; indeks transformasi pelayanan publik; respon publik atas kinerja personel; serta kemampuan Satwil dalam pemetaan potensi kerawanan Pemilu atau Pilkada 2024.

Sedangkan indikator penilaian untuk tingkat Satwil Polres yakni indeks transformasi pengawasan; integritas Satwil; integritas personel; kinerja operasional Satwil; manajemen media; indeks transformasi pelayanan publik; respon publik atas kinerja personel; serta kemampuan Satwil dalam pemetaan potensi kerawanan Pemilu/Pilkada Serentak 2024.

Sementara untuk indikator penilaian tingkat Polsek adalah integritas personel; kinerja operasional Satwil; aktivitas Harkamtibmas; aktivitas perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat; kinerja Bhabinkamtibmas; serta terobosan kreatif Polsek.

Untuk tingkat Satker dan Unit Kerja Satker, indikator yang dipergunakan untuk penilaian yaitu manajemen perubahan; penataan tata laksana; penataan system manajemen SDM; penguatan akuntabilitas; penguatan pengawasan; dan peningkatan kualitas pelayanan.

“Juri dalam pelaksanaan Kompolnas Awards 2023 terdiri dari unsur Komisioner Kompolnas, unsur Itwasum, unsur tokoh masyarakat, serta unsur konsultan (Markplus),” ujar Benny.

Pada penentuan penerima anugerah nantinya akan dilakukan oleh juri bersama dengan pleno komisioner Kompolnas. Adapun untuk penyerahan anugerah Kompolnas Awards 2023, akan dijadwalkan pada akhir Juni 2023, bersamaan dengan penyelenggaraan Rapat Koordinasi Pengawasan Kompolnas-Polri. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *