Kanwil Kemenag Provinsi Jabar: Optimalisasi BKM Untuk Capai Target Sertifikasi Halal

0
Spread the love
image_pdfimage_print

BANDUNG, (TB) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Ajam Mustajam, M.Si memimpin Rapat Koordinasi dalam rangka perumusan hasil rapat kerja daerah dan persiapan menyambut bulan suci ramadhan tahun 1444 H.

Rapat ini dilaksanakan di Rumah Dinas Kanwil Kemenag Jabar Jl. WR. Supratman No. 32 Bandung pada Selasa (21/03/2023) menghadirkan Kepala Bagian Tata Usaha , para Kepala Bidang, Pembimas, Kepala Kantor se-Jawa Barat, dan para Ketua Tim di Lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat.

Kakanwil mengatakan bahwa rapat ini dilaksanakan untuk mengatur strategi dalam menghadapi aktivitas selama bulan ramadhan yang tinggal menghitung hari.

“Pertemuan ini merupakan salah satu strategi dalam menyusun rencana kegiatan di bulan ramadhan seperti kegiatan dakwah dan kegiatan lainnya. Selama bulan Ramadhan, kita harus bermanfaat bagi masyarakat, bisa itu dibuat jurnalnya setiap hari seperti agenda amaliyah ramadhan,” gurau Kakanwil mengawali sambutan.

Secara khusus agar selama bulan puasa nanti dapat bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan agar pelaksanaan ibadah puasa dapat berjalan dengan berlangsung dengan khusyu’ dan tenang baik di siang hari maupun malam hari.

Lebih lanjut Kakanwil meminta kepada seluruh Kepala Kantor untuk segera menyelesaikan Surat Keputusan pengangkatan pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) periode 2023-2027 berdasarkan KMA Nomor 54 Tahun 2006.

BKM adalah lembaga resmi yang dibentuk oleh Kementerian Agama untuk meningkatkan peran dan fungsi masjid sebagai tempat ibadah dan sarana pembinaan umat Islam. Ajam menekankan, BKM bertujuan meningkatkan kesejahteraan masjid atas dasar taqwa, melalui peningkatan manajemen (idarah), kemakmuran (imarah) dan pemeliharaan (riayah).  Dalam kesempatan ini, Ajam juga menjelaskan mengenai susunan organisasi BKM secara vertikal terdiri dari BKM Pusat, BKM Provinsi, BKM Kabupaten/Kota, BKM Kecamatan dan BKM Desa/Kelurahan.

“BKM perlu dioptimalkan demi mencapai salah satu outlook kerja Kanwil Kemenag Jabar yaitu Sertifikasi Halal. Menurut Ajam, selepas pelaksanaan Kampanye Mandatory Sertifikasi Halal pada Sabtu lalu, maka Kemenag melalui BKM dapat dioptimalkan dengan masif dan terukur,” ungkapnya.

Saat ini Pemerintah memberikan kemudahan dalam pendaftaran sertifikasi halal dengan membuka sertifikasi halal gratis (Sehati) untuk satu juta sertifikat halal bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) melalui skema pernyataan pelaku usaha (self-declare). (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *