Cegah Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak, Pemerintah Desa Diminta Buat DRPPA

0
Spread the love
image_pdfimage_print

PESAWARAN, (TB) – Untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak dan memaksimalkan perannya, tim penggerak PKK yang ada di desa harus membentuk Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA), Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) dan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di setiap Desa.

Hal tersebut di katakan Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi saat menghadir acara Pembinaan Kampung Terpadu dan Pembinaan Kegiatan-Kegiatan PKK tingkat Kabupaten Pesawaran tahun 2023 di Desa Trisnomaju Kecamatan Negeri Katon dan Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng, Rabu (1/2/2023).

Nanda mengatakan, dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memberdayakan serta memperkuat institusi keluarga melalui optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas di setiap desa.

“Saya berharap dapat dibentuk dan dikembangan Kampung Keluarga Berkualitas, baik secara kuantitas di setiap desa maupun secara kualitas dengan semakin bertambahnya klasifikasi Kampung Keluarga Berkualitas pada tingkat mandiri dan berkelanjutan,” ujar Nanda.

Nanda menjelaskan, instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas mendukung keterlibatan lintas sektor di Kampung Keluarga Berkualitas dengan mensinergikan program dan kegiatan dari Kementerian/Lembaga berbasis desa.

Salah satu strategi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas adalah pengintegrasian program pembangunan sumber daya manusia berbasis keluarga.

“PKK sebagai organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk berpartisipasi dalam pembangunan, mempunyai tugas membantu pemerintah dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga.
Melalui 10 program pokok kerjanya, PKK telah banyak berperan dalam pembangunan keluarga dan masyarakat, mulai dari dari tingkat Dasawisma, Rukun Tetangga, Dusun, Desa sampai ke tingkat Nasional, ” Ucapnya.

Bersama pemerintah kabupaten pesawaran ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran memberikan bantuan berupa visual rumah, modal UP2K, SATEPUAN, Bansos Program Keluarga harapan, bantuan kawasan cabai, dan PMT untuk ibu hamil. Selain itu diberikan juga bantuan berupa Polibag, waring, bibit buah, bibit sayuran, gembor dan pupuk untuk 2 KWT serta 1 paket bantuan KUB untuk Desa Gerning

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi dan peran aktifnya pada Pembinaan Kampung KB terpadu dan Pembinaan Kegiatan-Kegiatan PKK Tingkat Kabupaten Pesawaran, dengan harapan kita juga dapat membantu program percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pesawaran,” Ujarnya.

Ia juga berharap kepada Kepala Desa agar dapat memprioritaskan program percepatan penurunan stunting dengan dukungan dana desa dalam rangka pemenuhan gizi bagi remaja calon pengantin, Ibu hamil, Ibu nifas anak baduta dan anak balita.

” Saya berharap kepada Tim Penggerak PKK desa agar mengoptimalkan kegiatan tentang pola asuh terhadap anak dan pemberian asupan makanan bergizi,” Tutupnya. (Oby/Rls )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *