Dinkes Pesisir Barat Gelar Evaluasi Kapitasi Berbasis Kinerja Program Jaminan Kesehatan Nasional

Spread the love
image_pdfimage_print

PESISIR BARAT, (TB) – Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat menggelar Kegiatan Pertemuan Evaluasi Kapitasi Berbasis Kinerja Program Jaminan Kesehatan Nasional Tahun 2022 yang bertempat di STIT Al-Multazam Pekon Rawas Kec. Pesisir Tengah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua IDI Pesisir Barat dr. Tan’im Arief, SPTHT. KL., M.Kes, Kepala Kantor BPJS Cabang Kotabumi Idham Kholid, S.Kom., MTI, Tim Kendali Mutu Kendali Biaya Dinas Kesehatan Pesisir Barat, dan seluruh Kepala FKTP Puskesmas Se-Kabupaten Pesisir Barat sebagai peserta Evaluasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kadis Kesehatan Pesisir Barat Tedi Zadmiko, S.Km, S.H. M.M dalam sambutannya menyampaikan penerapan sistem KBK ini merupakan bagian pengembangan sisitem kendali mutu dan kenali biaya pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada peserta JKN-KIS agar efektifitas di FKTP.

KBK sendiri merupakan sistem pembayaran kapitasi ke-FKTP berdasarkan pemenuhan atau pencapaian 3 (Tiga) indikator yang sesuai dengan peraturan BPJS kesehatan Nomor 7 Tahun 2019 yang telah disepakati oleh Kementerian Kesehatan, dan asiosiasi FKTP tingkat pusat dengan 3 (Tiga) indikator yang diterapkan yaitu :

1. Angka Kontak.

2. Rasio rujukan rawat jalan kasus non spesialistik.

3. Rasio peserta prolanis rutin dengan kondisi stabil.

Dinas Kesehatan terus mendorong dan mendukung agar kinerja Puskesmas meningkat melalui monitoring langsung dan melakukan bimbingan teknis ke Puskesmas dengan harapan jika kinerja Puskesmas meningkat maka pendapatan Puskesmas bersumber kapitasi JKN dapat meningkat sehingga mutu layanan kesehatan kemasyarakat khususnya peserta JKN KIS dapat maksimal.

Kadis Kesehatan juga menegaskan Selain monitoring dan bimbingan teknis Dinas Kesehatan terus berupaya untuk memenuhi sarana dan prasarana serta alat kesehatan di FKTP. saat ini telah tersedia fasilitas USG dasar di 6 Puskesmas rawat inap serta telah dilaksanakan pelatihan bagi Dokter Puskesmas dalam pemanfaatan USG, dan Tahun 2023 direncanakan 5 Puskesmas rawat jalan juga sudah tersedia USG sehingga pelayanan terhadap IBU hamil dapat terpenuhi sesuai standar.

Di akhir sambutannya Kadis Kesehatan berharap kepada seluruh peserta pertemuan dapat memperhatikan dan memahami materi yang disampaikan oleh Narasumber sehingga dapat meningkatkan kinerja Puskesmas.

Di penghujung kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan secara simbolis Kepada 4 Puskesmas dengan capaian Skiriming Riwayat Kesehatan terbanyak di Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2022 di antaranya :

1. Puskesmas Bengkunat Belimbing dengan capaian skiriming terbanyak 2. Puskesmas Biha. 3. Puskesmas Ngambur. Dan 4. Puskesmas Karya Penggawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *