Penyuluhan Abdimas Kedua Topik Sertifikat Produksi Pangan Rumah Tangga

0
Spread the love
image_pdfimage_print

TAJUR HALANG,  (TB) – Tim Abdimas telah mencanangkan kebijakan UMKM pada tahun 2022. Kebijakan ini bertujuan agar masyarakat dapat mengeksplorasi pengetahuan dan kemampuan di lapangan serta dapat belajar dan memperluas jaringan di luar program UMKM atau Desa asal.

Kebijakan ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat desa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Skema pembelajaran yang diterapkan oleh Universitas terbuka (UT) sebagai penyelenggara UMKM mendukung program oleh tersebut.

Universitas Terbuka memberikan kesempatan pada masyarakat untuk mengembangkan potensi masyarakat desa dan di luar Desa sebagai bentuk implementasi dari program UMKM.

UT melakukan Sosialisasi Implementasi UMKM pada siaran program Seputar Universitas Terbuka yang disiarkan langsung melalui UT.

Selanjutnya, dilakukan pula berupa sesi tanya jawab dengan peserta di Gedung Desa Tonjong Pengembangan Kantor Desa Tonjong, Tajurhalang, Selasa(20/9/2022)

Kegiatan itu menghadirkan Ketua Tim Abdimas Purwaningdyah Murti Wahyuni, SH., M.Hum dan anggotanya

Menyebutkan bahwa implementasi UMKM melatih masyarakat Desa Tonjong untuk dapat mempersiapkan diri nantinya masuk ke industri dan dunia pekerjaan dengan melatih minat dan bakat masing-masing individu.

“Implementasi UMKM ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Desa Tonjong, misalnya, ada Pangan, namun memiliki passion di bidang bisnis, bisa mempelajari, bahkan di desa lain.”, ujar.

Menambahkan, program ini sangat berperan besar dalam pembentukan masyarakat desa yang memiliki banyak potensi dan bakat di berbagai bidang, tidak hanya di satu bidang saja.

UMKM merupakan program pemerintah yang memberikan banyak nilai tambah bagi seorang masyarakat. selalu berupaya meningkatkan kualitas masyarakat desa yang dihasilkan, pengalaman yang didapat melalui UMKM dapat menambah kemampuan dan pengetahuan seorang masyarakat sehingga menjadi masyarakat yang siap terjun ke dunia kerja.

Dengan UMKM, bertujuan meningkatkan kompetensi lulusannya, baik soft skill maupun hard skill, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman ( Ferdinal ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *