Pemkot Bogor Terima Master plan Agrowisata Halal Rancamaya dari IPB

Spread the love
image_pdfimage_print

KOTA BOGOR, (TB) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menerima Master plan Agrowisata Halal Rancamaya dari IPB University di Paseban Surawisesa, Balai Kota Bogor, Kamis (8/9/2022).

Penyerahan master plan diawali penandatanganan berita acara serah terima antara Pemkot Bogor yang dalam kesempatan tersebut diwakili Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah dan IPB University diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerja Sama dan Hubungan Alumni IPB University, Prof. Dodik Ridho Nurrochmat disaksikan jajaran dari masing-masing kedua pihak.

Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi atas proses yang telah berjalan cukup lama hingga akhirnya dilaksanakan serah terima. “Alhamdulillah, satu tahap sudah selesai dan ini merupakan perjalanan yang cukup panjang membahasnya, tapi pada intinya kita ingin menyajikan yang terbaik tidak hanya sebatas membuat master plan namun juga ada beberapa muatan yang kita sampaikan untuk kemudian ditindaklanjuti,” kata Syarifah.

Setelah diserahkan kata Sekda, master plan ini tentunya menjadi kunci dan Pemkot Bogor bersama IPB University mulai ‘berlari’ kembali untuk membahas ke tahap lebih lanjut dan lebih teknis lagi.

Disamping itu lokasi dan kelembagaan menjadi hal selanjutnya yang perlu dilaksanakan untuk merumuskan dan mengimplementasikannya ke dalam rencana-rencana yang lebih detail lagi sebagai komitmen Kota Bogor dan IPB University membuat Smart Halal Centre yang ditunggu masyarakat maupun dunia usaha.

Apalagi kesadaran dan kebutuhan masyarakat akan penggunaan produk maupun makanan halal sebut Syarifah sudah tinggi dan semakin luas dirasakan.

Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerja sama dan Hubungan Alumni IPB University, Prof. Dodik Ridho Nurrochmat yang hadir bersama Prof. Yonny Koesmaryono dan Prof. Eriyatno menyampaikan, serah terima Master plan kawasan Agrowisata Halal Centre Rancamaya merupakan tahap pertama yang bisa bersifat tidak hanya Kota Bogor tetapi juga kawasan Jawa Barat atau bahkan Indonesia

Kepala Badan Pengembangan Institut (BPI), Prof Yonny Koesmaryono menyatakan, dukungan yang diberikan para stakeholder diharapkan bisa membuat atau mewujudkan satu kawasan agrowisata halal.

“Jadi nantinya yang menjadi ikoniknya adalah wisata halal, seperti UMKM, agrowisata dan distribusi halal food atau dari hulu ke hilir. Mudah-mudahan akhir bulan Pak Wali bisa memberikan presentasi ke pihak swasta, Insya Allah ini akan jadi ikon nasional. Untuk sekarang belum ada gambaran biaya,” kata dia.

Dalam serah terima tersebut, Syarifah Sofiah didampingi Kabag Tapem Setda Kota Bogor, Marse Hendra Saputra, Camat Bogor Selatan, Hidayatullah, Lurah Rancamaya dan perwakilan DKPP Kota Bogor dan Bappeda. (Rif)

Leave a Reply

Your email address will not be published.