Camat Citeureup Membuka Langsung Kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan Citeureup Tahun 2022

Spread the love
image_pdfimage_print

CITEUREUP,(TB) – Musabaqoh Tilawatil Qur’an tingkat Kecamatan Citeureup Tahun 2022 diikuti para peserta (Kafilah) perwakilan dari tiap-tiap Desa dan Kelurahan se-Kecamatan Citeureup.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan pada Selasa 06 September 2022 itu dibuka langsung oleh Camat Citeureup.

Camat Citeureup Dr. Ridwan Said, S.STP, M.SI dalam sambutannya mengatakan, Musabaqoh Tilawatil Qur’an adalah merupakan Syi’ar dan sarana untuk menumbuhkan kecintaan ummat Islam khususnya generasi muda terhadap Al-Qur’an.

Mulai dari Membaca (Tilawah), Memahami (fahmil), Menghafal (Tahfidz), Mensyarah (Syarhil), Menafsirkan (Tafsir), menulis karya ilmiah dan menulis indah (Khat) Al-Qur’an hingga mengaktualisasikan nilai-nilai luhurnya dalam kehidupan sehari-hari.

“Musabaqoh tilawatil Qur’an (MTQ) merupakan momentum yang sangat penting dan memiliki peran sangat strategis, baik dalam fungsinya untuk menjabarkan, mengembangkan serta mengimplementasikan pokok-pokok ajaran Al-Qur’an, dan menjadi pedoman hidup umat islam sehingga diharapkan terciptanya peningkatan kerukunan hidup umat beragama,” ujarnya.

“Hal inipun sejalan dengan misi ke – 4 Kabupaten Bogor yaitu mewujudkan kesalehan sosial dan Karsa Bogor Berkeadaban.” Tambahnya.

Pada kesempatan itu, Camat juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada LPTQ, KUA, MUI, dan Pimpinan Pondok Pesantren.

“Tak lupa para Guru ngaji, Qori’ Qori’ah dan Hafidz – Hafidzoh, Dewan Hakim, serta seluruh kafilah MTQ desa dan kelurahan yang telah berkontribusi mensukseskan pelaksanaan MTQ ini,” tuturnya.

Saya berharap melalui MTQ ini bisa memberikan motivasi kepada masyarakat, khususnya para generasi muda untuk gemar membaca al-qur’an dan membangun generasi qur’ani yang cerdas dan berkeadaban, harapnya.

“Kami titip kepada LPTQ dan dewan hakim maupun pembina MTQ, setelah pelaksanaan MTQ kecamatan ini agar dipersiapkan dengan baik pembinaan dalam rangka persiapan MTQ tingkat kabupaten bogor yang akan dilaksanakan nanti pada tanggal 25 S.D 28 september 2022 di kecamatan Cileungsi,” pungkas Camat.

Untuk diketahui pada MTQ tingkat Kecamatan Citeureup tahun 2022 kali ini, cabang atau golongan musabaqoh terdiri dari beberapa kategori diantaranya adalah golongan Tartil Al Qur’an usia 12 tahun Putera dan Puteri, golongan Tilawah anak-anak Putera dan Puteri usia 14 tahun dan golongan Tahfidz 1 Jus dan Tilawah untuk Putera dan Puteri usia 15 tahun.

Hadir dalam kegiatan MTQ tersebut, Kapolsek Citeureup, Danramil,
Ketua MUI, Ketua PGRI serta para Kepala Desa dan Lurah yang ada di wilayah Kecamatan Citeureup. (Sto)

Leave a Reply

Your email address will not be published.