Upacara Prosesi Pemindahan Makam Mantan Jaksa Agung RI Pertama dipimpin Langsung Wakil Kejagung RI

CIBINONG, (TB) – Upacara Pemindahan Makam Mantan Jaksa Agung Republik Indonesia pertama Mr. R. Gatot Taroenamihardja dipimpin langsung oleh Wakil  Jaksa Agung RI, yang berlangsung di Pusara Adyaksa Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (25/11/2021).

Pada kesempatan itu, Setia Untung Arimuladi menjelaskan, satu-satunya Pusara Adhyaksa adanya di Cibinong Kabupaten Bogor, ini ada sejak Jaksa Agungnya waktu itu Pak MH. Rahman. “Hari ini tadi kita menyaksikan proses pemindahan pemakaman Jaksa Agung Pertama dari Taman Pemakaman Umum Menteng Pulo ke Taman Makam Pusara Adhyaksa di Cibinong,” ungkap Untung.

Lanjutnya menerangkan bahwa, pemindahan dilakukan berdasarkan pertimbangan pada tahun 2019, ia selaku Ketua Persatuan Jaksa Indonesia mendapatkan informasi bahwa di Menteng Pulo ada makam jaksa agung pertama. Kemudian cek dan ricek lalu ia segera menghubungi keluarga bagaimana kalau makam ini kita alihkah ke Pusara Adhyaksa dan keluarga menyetujui.

“Karena kalau di sini kan terawat, terperhatikan dan ini akan menjadi icon makam di pusaran jaksa,” ujarnya.

Tambah Untung, untuk diketahui peran dan sosok Jaksa Agung Mr. R. Gatot Taroenamihardja bagi bangsa dan negara Indonesia. Almarhum merupakan Jaksa Agung RI pertama yang mengemban tugas sebagai Jaksa Agung sebanyak dua kali yaitu, pada 1 Oktober 1945 – 24 Oktober 1945 dan pada tanggal 1 April 1959 – 22 September 1959. Meskipun masa tugas beliau sebagai Jaksa Agung relatif singkat, namun beliau bertekad untuk membersihkan negara ini dari korupsi. Beliau semasa hidupnya dikenal sebagai figur yang berani, tegas, berwibawa, dan gigih dalam mempertahankan serta menjunjung tinggi hukum di Indonesia.

“Mr. R. Gatot Taroenamihardja adalah sosok yang berdedikasi tinggi dari sisi integritas dan ini sebagai panutan para adhyaksa-adhyaksa muda ke depan. Bahkan beliau tidak segan mempertaruhkan nyawanya demi mempertahankan integritas, dedikasi dan pendiriannya dalam menjunjung tinggi supremasi hukum, hal itu terlihat dalam penanganan perkara,” beber Untung.

Menurutnya, sebagai penghormatan kepada Jaksa Agung Pertama Mr. R. Gatot Taroenamihardja, ke depan ia akan berencana mengusulkan nama Mr. R. Gatot Taroenamihardja kepada pemerintah untuk dijadikan nama jalan.

“Nanti kita lihat ke depannya, karena kalau untuk Jaksa Agung Suprapto itu sudah ada nama jalan, ke depan nanti kita akan usulkan ke pemerintah ya, karena ini harus diusulkan kepada pemerintah,” imbuhnya.

Kemudian, pihak keluarga Alm. MR. R. Gatot Taroenamihardja, Pradana Ganda Subrata mengatakan, dalam kesempatan ini kami atas nama keluarga Almarhum menghaturkan penghargaan setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Jaksa Agung RI, Wakil Jaksa Agung RI, beserta seluruh peserta jajaran kejaksaan RI dan Bupati Bogor Ade Yasin atas perhatian dan penghormatan kepada Alm. Gatot Taroenamihardja sehingga terlaksananya pemindahan makam almarhum dari TPU Menteng Pulo Jakarta ke Taman Makam Pusara Adhyaksa Cibinong Kabupaten Bogor.

“Semoga semangat, dedikasi dan perjuangan Alm. Gatot Taroenamihardja semasa hidupnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua,” tandasnya.

Dalam prosesi pemindahan makam tersebut turut dihadiri langsung oleh Bupati Bogor Ade Yasin serta Kajari Cibinong dan jajarannya. (Sto/red).