Rp.1 Miliar Anggaran Program Kotaku di Desa Fajar Baru Tuntas Realisasikan, Ini Hasilnya

MESUJI, (TB) – Desa Fajar Baru Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji Lampung merupakan salah satu wilayah penerima kegiatan Bantuan Pemerintah Untuk Masyarakat (BPM). Kucuran dana Program Kotaku di desa tersebut sebesar Rp.1 Miliar yang dialokasikan untuk membuat drainase dan rabat beton.

Imam Sunarto selaku koordinator Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Desa Fajar Baru Mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam Program Kotaku ini adalah berupa pembangunan fisik infrastruktur pembangunan drainase dan pembangunan jalan rabat beton.

Untuk program pembangunan kotaku di Desa Fajar Baru ini direalisasikan untuk 2 kegiatan yaitu pembuatan drainase dan pembangunan jalan rabat beton. Dengan panjang drainase yaitu 1374 m dan rabat beton dengan panjang 689 m,” kata Imam Sunarto saat ditemui di lokasi pembangunan.

Imam Sunarto juga mengatakan “untuk pengerjaan kotaku dilakukan dengan sistem padat karya tunai (PKT), dengan memberdayakan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan. Dengan target pengerjaannya selama 120 hari. Saat ini untuk pembangunan drainase sudah 100 persen selesai tinggal jalan rabat beton yang saat ini masih dalam proses pengecatan, Kita berharap semua berjalan dengan baik dan selesai tepat waktu,”

Menurutnya, Program Kotaku akan memberikan kontribusi positif dan manfaat yang besar dalam upaya penanggulangan lingkungan kumuh sehingga diharapkan dapat mempercepat pengurangan luas permukiman kumuh di desanya. Pihaknya optimis, dengan adanya Program Kotaku akan meningkatkan akses masyarakat terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di kawasan kumuh guna mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan,,

“Terima kasih kepada pemerintah pusat, provinsi serta pemerintah daerah kabupaten Mesuji atas program pembangunan kotaku dan juga terimakasih kepada bapak Tamanuri selaku anggota DPR RI berkat perjuangan aspirasinya program tersebut bisa terealisasi di desanya tersebut,” ucapnya.

“Kami dalam hal ini tentu sangat bersyukur dan menyambut baik, sebab dengan adanya Program Kotaku yang direalisasikan untuk pembangunan infrastruktur ini akan banyak manfaat yang didapat masyarakat. Kami pun berharap dengan adanya Program Kotaku ini menjadikan daerah ini menjadi daerah yang bersih dan tidak kumuh dan juga untuk ucapan syukur kami jalan tersebut Kami beri nama Gang Kotamanuri Dan Jalan Kotamanuri,” lanjut imam.

Sementara itu, Kepala Desa Fajar Baru Saridan mewakili segenap masyarakat di Desa Fajar baru menyambut baik adanya program tersebut, terlebih bantuan yang digulirkan terealisasi dalam bentuk padat karya tunai yang di dalamnya ada pemberdayaan masyarakat, sehingga terbukanya lapangan kerja dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan adanya Program Kotaku akan membuat wilayah semakin bersih dan indah sehingga hasil bangunan itu nantinya harus bener-bener dapat dipelihara dengan baik sehingga kualitas dari bangunan dapat terjaga serta dapat terus bermanfaat bagi masyarakat,” lanjut Saridan.

Dalam hal ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Lampung, Pemerintah Kabupaten Mesuji atas program kotaku yang telah di gulirkan di Desa Fajar Baru dan Kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Tamanuri Selaku DPR RI atas aspirasinya sehingga program kotaku bisa terealisasi di Desa Fajar Baru, Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada LKM dan KSM Desa Fajar Baru yang sejauh ini telah menunjukkan kinerjanya dengan baik dalam melaksanakan Program Kotaku di desa ini. Kepada masyarakat, kami juga berharap hasil pembangunan melalui program ini dapat dijaga bersama-sama,” tutupnya. (Irwansyah)