Dana SAMISADE merupakan Alternatif Pembangunan Inprastruktur Desa Banjarsari

CIAWI, (TB).

Dana SAMISADE adalah merupakan alternatif pembangunan sarana inprastruktur desa Banjarsari Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor tahun 2021.

Menurut Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), Haris mewakili Kades Banjarsari Misbah, bahwa dana SAMISADE sebesar Rp. 920.000.000 itu, kami alokasikan untuk Pembangunan betonisasi jalan desa dan Pembangun Turap Penahan Tanah (TPT).

Lebih lanjut di katakan, volume betonisasi itu adalah, Panjang 750 M2, Lebar 3 M2 dan tinggi 0, 15 M2. Sedangkan TPT, Panjang 1000 M2, Lebar 0, 30 M2 dan tinggi 1 M2.

Kedua pembangunan Sarana inprastrur itu berlokasi di Kp. Caringin dan Kp. Belendung RT. 03, RT. 04 dan RT. 05/ RW. 06, di kerjakan swadaya masyarakat dan di alokasikan 2, tahap ke- 1, 40 persen dan tahap ke- 2, 60 persen, ucapnya.

Mudah- mudahan dengan selesainya pembangunan sarana inprastruktur nantinya, dapat meningkatkan sirkulasi ekonomi warga masyarakat desa Banjarsari, khususnya dan kecamatan Ciawi pada umumnya, harapnya. (Muz/man)




Pemdes Cipelang Realisasikan Dana SAMISADE Untuk Membangun Jalan dan TPT

CIJERUK, (TB).

Pemdes Cipelang Kec. Cijeruk Kab. Bogor realisasikan dana SAMISADE sebesar Rp. 901.875.000 untuk Betonisasi Jalan dan Talut Penahan Tebing (TPT), ucap Ketua TPT mewakilii, Kades Cipelang, Kiki nama panggilan akrabnya di sela-kegiatan tersebut beberapa waktu lalu.

Pembangunan dua titik infrastuktural itu, berlokasi di Kp. Kopeng RT. 03/ RW. 05 sampai dengan Kp. Cipelang RT. 03/RW.06.

Kegiatan Botonisasi sarana infrastruktur tersebut dengan Volume masing-masing, Botonisasi jalan, Panjang 1922 M2, Lebar 2, 5 M2 dan tinggi 0, 12 M2, ini untuk Volume betonisasi tersebut.

Sementara itu, untuk Volume TPT adalah, Panjang 44 M2, lebar 25 M2 dan Tinggi 2, 5 M2.

Betonisasi infrastruktur ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten Bogor (SAMISADE) tahun 2021 dan di alokasikan secara bertahap, 40 persen tahap ke-1 dan 60 persen tahap kedua dari totat keseluruhan dana itu, pungkasnya. (Muzni/ man).




Uji Coba Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor Dimulai Akhir Pekan Ini

BOGOR, (TB) – Uji coba pemberlakuan Ganjil Genap bagi kendaraan yang melintasi jalur puncak bogor akan mulai berlaku per tanggal 3 September 2021 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Bogor AKBP Harun, ” Kami sepakati uji coba ganjil genap jalur Puncak Bogor mulai akhir pekan ini selama dua pekan pada Jum’at Sabtu dan minggu,” jelas Kapolres.
Pengecualiannya kata Kapolres hanya untuk kendaraan darurat seperti ambulans, pemadam kebakaran, bahan bakar, angkot dan pengangkut logistik, imbuhnya.
Sementara Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, jika uji coba ganjil genap tersebut mengarah pada kebaikan maka pemerintah kabupaten bogor akan mintakan payung hukumnya.
” Kita uji coba dulu, kita lihat respon masyarakat. Kalau mengarah pada perbaikan kita akan minta payung hukumnya,” jelas Ade Yasin seperti dikutip dari laman Instagram Kecamatan Sukaraja, Selasa (31/08/2021).
Ade Yasin juga menegaskan, selain harus mematuhi aturan ganjil genap, pengendara yang hendak menuju kawasan puncak pun wajib menunjukkan bahwa mereka sudah di vaksin, tegasnya. (Sto)



Presiden Jokowi Perintahkan Vaksinasi Bagi Pelajar dan Santri Dilakukan Secara Masif

CIREBON, (TB) – Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa pemerintah terus mengupayakan pelaksanaan program vaksinasi bagi para pelajar secara meluas untuk persiapan pembelajaran tatap muka. Program ini diutamakan untuk daerah-daerah dengan angka penularan kasus Covid-19 yang tinggi.

“Saya juga sudah perintahkan agar kegiatan vaksinasi bagi pelajar dan santri ini dilakukan secara besar-besaran, masif. Terutama di daerah-daerah yang tingkat penyebaran Covid-nya tingkat penularan Covid-nya tinggi,” ucap Presiden saat meninjau langsung program vaksinasi Covid-19 di SMAN 1 Beber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Selasa, 31 Agustus 2021.

Dalam peninjauan tersebut, Presiden menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan para pelajar dan santri mengenai keinginan dilaksanakannya pembelajaran tatap muka di sekolah. Para pelajar pun menjawabnya dengan antusias dan serentak.

“Apakah sudah ingin belajar tatap muka, pembelajaran tatap muka?” tanya Presiden.

“Mau,” jawab para peserta vaksinasi secara serentak.

Pada kesempatan itu, Kepala Negara kembali mengingatkan para pelajar dan santri agar tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan apabila kegiatan pembelajaran tatap muka sudah dilaksanakan.

“Tapi tentu saja kalau sudah dimulai pembelajaran tatap muka, saya berharap anak-anak tetap harus disiplin menjaga protokol kesehatan,” ucap Kepala Negara.

Selanjutnya, Presiden mengimbau para pelajar untuk mengikuti dan mendukung program vaksinasi Covid-19 yang sedang dijalankan oleh pemerintah.

“Ayo kita semuanya pakai masker, dan cepat-cepat kita semuanya ayo menuju ke (sentra) vaksinasi, minta vaksinasi, segera divaksin,” ucap Kepala Negara. (Red)




Bupati Pesawaran Pimpin Langsung Rapat Pemantapan Persiapan Kunjungan Presiden RI

PESAWARAN, ( TB ) – Jelang kunjungan Presiden Republik Indonesia RI Ir. Joko Widodo Disekolah SMPN 01 Gedong Tataan, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, memimpin langsung rapat pemantapan persiapan kunjungan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo yang rencananya untuk meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi remaja.

Menurut Bupati Pesawaran, saat ini pihaknya tengah mengatur skema pelaksanaan vaksin untuk para siswa, sehingga protokol kesehatan dapat tetap terjaga dan vaksinasi dapat berjalan dengan baik,

“Iya hari ini saya rapat bersama dengan Kapolres dan Kasdim, menetapkan standar operasional prosedur (SOP) kedatangan presiden, kemudian titik-titik strategis mana saja yang akan didatangi oleh beliau, salah satunya pelaksanaan vaksin untuk pelajar, maka dari itu kita menyiapkan tempat untuk daya dukungnya dan juga memastikan kunjungan presiden ini dapat berjalan dengan sesuai rencana,” Kata Dendi Ramadhona, Senin (30/8/2021).

Dendi menambahkan, untuk memastikan prokes tetap berjalan pihaknya telah memastikan pelaksanaan vaksin tahap pertama ini dilakukan di dua lokasi yang telah dipersiapkan.

“Jadi untuk tinjauan pelaksanaan vaksin ini Presiden akan melihat secara langsung di SMPN 1 Pesawaran, sedangkan nanti beliau akan menyapa secara virtual ke lokasi vaksinasi satunya yang ada di SMAN 1 Gedongtataan,” Jelasnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo mengatakan, pihaknya akan mengamankan pada ring dua dan tiga pada hari kedatangan Presiden RI Jokowidodo ke Kabupaten Pesawaran,

“Kalau untuk pengamanan pada ring dua dan tiga nanti kita akan berkoordinasi dengan unsur TNI Kodim Lampung Selatan, serta di bantu oleh pihak Pemkab ada Satpol PP dan juga Dishub,” Ujar Kapolres AKBP Vero.

Selanjutnya Kapolres menjelaskan,
“Pengamanan ini kita lakukan baik di titik lokasi kegiatan ataupun rute, kalau untuk personil yang kita turunkan cukup, kalaupun kurang nanti kita bisa minta backup dari Polda Lampung, kalau untuk saat ini anggota kita cukup,” Pungkasnya. ( Red )




70 Warga Kedondong Terjaring Ops Yustisi

PESAWARAN, ( TB ) – Kegiatan pelaksanaan Oprasi Yustisi Polsek Kedondong Polres Pesawaran guna Pendisiplinan Protokol Kesehatan terhadap  Masyarakat di wilayah hukum Polsek Kedondong Kabupaten Pesawaran, Senen ( 30/8/2021 ) Pukul 09.00 wib sampai dengan selesai.

Dalam kegiatan Ops Yustisi melibatkan Personil 2 dari polri, 2 porsonil Satpol PP serta 2 porsonil dari TNI.

Kapolsek Kedondong AKP. Amin Rusbahadi mewakili Kapolres Pesawaran AKBP. Vero Aria Radmantyo mengatakan dalam uraian kegiatan,

” Sebelum pelaksanaan tugas dilaksanakan apel kesiapan di polsek Kedondong, selanjutnya menuju ke pasar kedondong dan Bank BRI dan warung-warung makan di Desa Pasar Baru Kecamatan Kedondong, kemudian melaksanakan himbauan dan teguran serta melakukan tindakan atau teguran kepada masyarakat yang beraktifitas yang tidak menggunakan masker, dan menghimbau agar mengikuti aturan protokol kesehatan dengan membiasakan 3M + 1T” Kata Kapolsek Kedondong.

Dijelaskan Kapolsek Kedondong dari hasil kegiatan Ops. Yustisi,

” Didapati masyarakat yang masih melanggar tidak menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) berupa masker dan telah diberikan sanksi sebanyak 70 ( tujuh puluh ) Orang ” Jelas Amin Rusbandi.

Kapolsek juga menambahkan,
” Teguran lisan sebanyak 70 Orang masyarakat Kedondong yang tidak mengenakan APD,
Selain itu dalam Ops Yustisi Personel juga membagikan mascer kepada masyarakat sebanyak 50 masker, kegiatan berjalan tertib dan lancar, Situasi Kamtibmas dalam keadaan aman dan kondusif” Pungkasnya.

( Oby / Rif )




Realisasi SAMISADE di Desa Hambalang, Ini Kata Kades Wawang Sudarwan

CITEUREUP, (TB) – Bergulirnya bantuan untuk infrastruktur dari Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Program Satu Miliar Satu Desa atau yang populer disebut Samisade di hampir semua Desa yang ada di kabupaten bogor di Tahun Anggaran (TA) 2021 ini disambut baik oleh pemerintahan desa.

Seperti halnya di Desa Hambalang Kecamatan Citeureup, yang anggarannya baru saja turun beberapa waktu lalu yang langsung direalisasikan untuk pembangunan Betonisasi Jalan Desa, Drainase dan Tembok Penahan Tebing (TPT).

Kades Hambalang Wawang Sudarwan saat dikonfirmasi mengatakan bahwa untuk termin Dana Samisade, senilai total Rp.997.000.000,-  akan direaliasikan untuk betonisasi jalan desa, pembangunan drainase dan TPT, ungkap Wawang, Senin (30/08).

Tiga kegiatan realisasi samisade tersebut, sebenarnya berlokasi pada 1 titik yakni di Kampung Hambalang RT 09 RW 03, jelasnya.

Lanjut Wawang, untuk TPT volume yang akan kita bangun adalah panjang 88 meter x lebar 3 meter x 0.3 meter. Sementara untuk drainase volumenya panjang 244 meter persegi x 0.5 meter x 0.25 meter. Selain dua kegiatan tersebut kami juga melakukan betonisasi jalan desa dengan volume panjang 400 meter x 5 meter x 0.15 meter, papar Wawang.

Menurut Wawang pembangunan infrastruktur seperti betonisasi jalan desa, drainase dan TPT, memang sangat diharapkan warga masyarakat. Sebab itu dirinya berharap masyarakat turut mengambil peranan dalam menjaga dan merawat hasil dari pembangunan tersebut, ujarnya.

” Dengan adanya’ bantuan SAMISADE ini, kami selaku Pemerintah Desa Hambalang tak lupa juga mengungkapkan terimakasih kepada Bupati Bogor Ade Yasin yang sudah mengucurkan anggaran bantuan sehingga pembangunan infrastruktur di wilayah desa kami bisa terus berkelanjutan. Semoga Pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan perekonomian warga bisa segera pulih dan bangkit,” pungkas Wawang. (Sto).




Pembangunan TPT Jadi Prioritas Kades Citaringgul Realisasikan SAMISADE

BABAKAN MADANG, (TB) – Kepala desa citaringgul bersama Sekertaris Camat Kecamatan Babakan Madang, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Tiga titik Desa Citaringgul dari program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahap 1.

Adapun tiga titik itu, berlokasi di Kampung citaringgul RT 02 RW 02 dan satu titik lainnya di Kp.Banceuy RT 01 RW 05.

“Untuk anggaran dari program Samisade tahap satu ini sebesar 40 % kami realisasikan untuk pembangunan TPT di 3 titik yakni di kampung Banceuy RT 01 RW 05 dengan volume Panjang 79 meter x Lebar 0,60 meter x Tinggi 7 meter. Dan dua titik lainnya dengan volume Panjang 66 Meter x L 0, 65 Meter x T 5 Meter, RT 01 RW 03 Volume Panjang 85 Meter x Lebar 0,80 Meter, Tinggi 3 Meter di RT 02 RW 02,” jelas Fredy Agustian Kades Citaringgul kepada wartawan saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya, Senin (30/08).

“Untuk anggaran Samisade yang kami terima pada tahap 1 ini, sebesar 40 % senilai Rp.400 juta,” ungkapnya.

“Pembangunan TPT tersebut menjadi prioritas kami pemerintah desa karena selain kondisi tanah di lokasi tersebut yang labil, juga diatas tanah itu terdapat pemakaman umum desa Citaringgul” papar Fredy.

Selaku pemerintah desa kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah kabupaten bogor, dengan adanya program Samisade ini bisa meningkatkan pembangunan infrastruktur di desa kami. Harapan kami melalui program Samisade ini juga bisa membangkitkan ekonomi desa melalui program pembangunan dengan mengedepankan Padat Karya Tunai, sehingga selain infrastruktur tersebut dapat dirasakan manfaatnya,  masyarakat desa kami pun yang ikut dalam program padat karya tunai bisa terbantu secara ekonominya,” pungkas Fredy. (Sto)




Pemdes Jayabakti Gunakan DD Tahap 2 Bangun Jalan Lingkungan

KAB.SUKABUMI, (TB) – Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu Kab.Sukabumi melakukan 3 titik Pembangunan jalan lingkungan dengan rabat beton diantaranya: jalan gang Kp.Ceuri Rp.41.139.000, jalan lingkungan Kp.Kuta Rt.04 sebesar Rp 22.906.000 dan di Kp.bondol selagadog Rt.01,02 rw 04 sebesar Rp.33.431.000 dengan sumber anggaran menggunakan Dana Desa (DD)tahap 2 tahun 2021.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Kepala Desa Opik. Ia memaparkan bahwa proses pengerjaan jalan lingkungan dengan rabat beton ini di kerjakan oleh warga sekitar lokasi dengan sistem padat karya, dengan tujuan untuk pemberdayaan masyarakat membuka lapangan kerja bagi warga setempat. “Hasil pekerjaan rabat beton yang dikerjakan masyarakat itu cukup baik, karena kualitasnya sesuai spek pengerjaan.” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan pembangunan jalan rabat beton. kata Opik, pembangunannya dilaksanakan oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK).

“Kegiatan pembangunan swakelola yang seluruh bahan berasal dari toko lokal, kita melaksanakan salah satu program pemerintah pusat dalam rangka merealisasikan Dana Desa yakni dengan cara Padat Karya Tunai (PKT), dengan PKT diharapkan tenaga lokal,dapat dimanfaatkan sehingga dana desa benar-benar berputar akhirnya akan meningkat roda perekonomian desa,” Imbuhnya.

Opik Berharap,dengan adanya kucuran Dana Desa(DD) ini serta hasil dari pada pembangunannya harus dirawat demi kemajuan desa, dan mudah-mudahan saja ke depan kita merealisasikan pembangunan lainnya, seperti Rumah tidak layak huni (RTLH)itu sudah di rencanakan dengan jumlah 7 rumah terbagi 7 dusun, mungkin di bulan september realisasinya, “pungkasnya.(Den)




Vaksinasi Kolaborasi Kebangsaan bagi Para Pelajar di Bogor

BOGOR, (TB) – Presiden Joko Widodo meninjau kegiatan Vaksinasi Kolaborasi Kebangsaan yang digelar di Taman Cappelen, Kebun Raya Bogor, pada Sabtu, 28 Agustus 2021. Kegiatan vaksinasi ini diperuntukkan bagi para pelajar berusia 12 hingga 18 tahun dan menyasar sekitar 1.250 peserta yang terbagi dalam beberapa sesi.

Kegiatan vaksinasi serupa juga dilaksanakan secara serentak di sejumlah wilayah lain dengan total peserta mencapai 16.279 orang, dengan rincian di Jawa Barat menyasar 14.429 pelajar dan di Banten 1.850 pelajar.

Presiden juga berkesempatan untuk berbincang dengan beberapa perwakilan di Jawa Barat dan Banten melalui konferensi video. Lokasi vaksinasi yang disapa Presiden antara lain Kota Cirebon, Kota Tasikmalaya, Kota Cilegon, dan Kabupaten Garut.

Dalam dialog tersebut, Presiden bertanya terkait total peserta vaksinasi dan kecukupan stok vaksin yang tersedia di setiap daerah tersebut. Kepala Negara pun meminta kegiatan vaksinasi terus dilaksanakan agar kekebalan komunal di masyarakat dapat tercapai secepatnya.

“Bagus, dikejar terus. Segera diselesaikan agar bisa segera dicapai kekebalan komunal dan kalau ada kekurangan vaksin segera sampaikan ke gubernur atau langsung ke menteri, sehingga semuanya bisa segera cepat rampung, cepat selesai vaksinasinya,” ujar Kepala Negara.

Selain itu, Presiden pun menanyakan soal ketersediaan fasilitas isolasi terpusat (isoter) dan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit atau _bed occupancy rate_ (BOR) di daerah-daerah tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto, Kapolda Jabar Irjen Pol. Ahmad Dofiri, dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. (Red)