Warga Karanggan Muda Geger Penemuan Mayat Gantung Diri

KARANGGAN, (TB) – Warga Kp.Karanggan muda, Desa Karanggan, Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor digegerkan dengan penemuan mayat tanpa identitas yang tergantung di pohon pada Minggu, 23 juni 2024.

Penemuan mayat pria tanpa identitas yang diduga gantung diri tersebut pertama kali diketahui oleh sdr Maryanto yang kemudian melaporkan ke Mulyadi Ketua RT setempat dan laporan tersebut diteruskan ke pihak Kepolisian Polsek Gunung Putri.

Anggota Polsek Gunung Putri Aiptu Muhtar Sawabi (Binmas) beserta Aiptu Muzazin (Reskrim) yang mendapatkan informasi terkait penemuan mayat yang diduga gantung diri tersebut segera melaksanakan cek ke lokasi tempat kejadian perkara (TKP).

Kapolsek Gunung Putri AKP Didin Komarudin, dalam keterangannya membenarkan kejadian peristiwa tersebut.

” Ya benar, Pihak Polsek Gunung Putri mendapatkan laporan adanya penemuan mayat diduga gantung diri dan anggota kami langsung bergerak cepat mendatangi TKP Lokasi,” ungkap Kapolsek.

Pihak Kepolisian selain melakukan olah TKP, juga telah menggali keterangan dari para saksi diantaranya sdr Mulyadi (45 tahun) Ketua Rt.02/05. Dan kesimpulan awal dari olah TKP serta hasil pemeriksaan penyelidik, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada mayat.

” Tidak ada tanda-tanda kekerasan ataupun bekas pukulan benda tumpul pada mayat, hanya ada bekas jeratan di leher. Jadi dugaan sementara mayat tersebut murni gantung diri,” terang AKP

Untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut, mayat pria tanpa identitas itu kini sudah di bawa ke RS Polri Kramatjati untuk di dilakukan autopsi pada jenazah. (Red)




Bhabinkamtibmas Polsek Pamulang Laksanakan Giat Cooling System di Perum Parangtritis

TUBAS TANGSEL | Pada hari Minggu, 23 Juni 2024, Bhabinkamtibmas Polsek Pamulang Kelurahan Benda Baru, Aiptu Iwan Setio Budi, melaksanakan kegiatan cooling system di Perum Parangtritis RT 03/20, Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) yang kondusif di wilayah tersebut.

Dalam kegiatan ini, Aiptu Iwan Setio Budi berinteraksi dengan berbagai tokoh masyarakat setempat, termasuk Bapak Bagus, yang dikenal sebagai salah satu pemuka masyarakat di Perum Parangtritis. Melalui pendekatan yang humanis dan dialog yang konstruktif, Aiptu Iwan berusaha untuk menggalang dukungan dan kerjasama dari warga dalam menjaga keamanan lingkungan.

Aiptu Iwan mengimbau kepada seluruh warga Perum Parangtritis untuk bersama-sama menjaga Harkamtibmas. Ia menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam melaporkan setiap kejadian yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban kepada Bhabinkamtibmas atau langsung ke Polsek Pamulang. “Keterlibatan masyarakat sangat penting dalam menjaga keamanan lingkungan kita,” ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi warga dalam menjaga keamanan lingkungan mereka. Melalui sinergi antara kepolisian dan masyarakat, diharapkan situasi Harkamtibmas di Perum Parangtritis dan sekitarnya dapat terus terjaga dengan baik. Aiptu Iwan Setio Budi juga berjanji akan terus mengadakan kegiatan serupa untuk mempererat hubungan antara polisi dan masyarakat.

( Rus )




Pembagian Bansos Sembako dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78 di Pagedangan

TUBAS TANGSEL | 23 Juni 2024, Polsek Pagedangan Polres Tangerang Selatan mengadakan kegiatan pembagian bantuan sosial (bansos) berupa sembako kepada warga masyarakat Desa Pagedangan. Kegiatan ini merupakan bagian dari perayaan Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024. Acara ini berlangsung di Masjid Sabilul Hijrah, Jalan Pagedangan Raya, Kampung Cicayur 1, Desa Pagedangan, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Pagedangan, AKP Daniel Dirgala, S.TK, S.IK, M.SI. Selain Kapolsek, acara ini juga dihadiri oleh Wakapolsek, anggota Polsek Pagedangan, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. Pembagian sembako ini bertujuan untuk membantu meringankan beban ekonomi warga masyarakat yang membutuhkan.

Dalam sambutannya, AKP Daniel Dirgala menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian Polres Tangerang Selatan kepada masyarakat. “Kami berharap bantuan sembako ini dapat bermanfaat bagi warga yang membutuhkan dan semakin mempererat hubungan antara polisi dan masyarakat,” ujar AKP Daniel.

Para warga yang hadir menyambut kegiatan ini dengan antusias. Mereka merasa sangat terbantu dengan adanya pembagian sembako dari Polres Tangerang Selatan. Dengan adanya kegiatan sosial seperti ini, diharapkan sinergi antara Polri dan masyarakat akan terus terjaga dan semakin kuat dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah Pagedangan.
( Rus )




Dua Anggotanya Dinyatakan Kompeten di UKW Jenjang Madya, Ketua PWI Kabupaten Bogor: Saya Sangat Bangga

BOGOR, (TB) – Ketua Persatuan Wartawan (PWI) Kabupaten Bogor, Subagiyo menyampaikan rasa syukurnya atas lulus dan kompetennya kedua pengurusnya di jajaran PWI Kabupaten Bogor pada perhelatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-71 yang diselenggarakan Dewan Pers, di Mercure Hotel Bandung, pada 21-22 Juni 2024.

“Alhamdulillah saya sangat bangga atas lulusnya dua anggota PWI Kabupaten Bogor yang dinyatakan lulus dan kompeten di ajang UKW ke-71 tahun 2024,” ujar Subagiyo, Minggu (23/6/2024).

Ia menambahkan, rasa terima kasih yang tak terhingga pun dia sampaikan kepada jajaran Dewan Pers selaku penyelenggara, serta PWI Jabar sebagai pihak tim penguji dalam event tersebut.

“Terima kasih atas penyelenggaraan UKW angkatan ke-71 yang diselenggarakan oleh Dewan Pers dan pihak pengurus PWI Jabar selaku tim penguji. Karena kami dari PWI Bumi Tegar Beriman dengan mengirimkan dua perwakilan, keduanya dinyatakan lulus alias kompeten,” ungkap pria kelahiran 1964 itu.

Lebih lanjut Subagiyo memaparkan, untuk kedua anggota PWI Kabupaten Bogor yang diikutsertakan dalam perhelatan tersebut, masuk dalam dalam kategori UKW jenjang Madya.

Dua anggotanya itu, lanjutnya,  beratasnamakan Dedy Firdaus selaku Wakil Ketua Bidang Organisasi Keprofesian Kewartawan, dan Sahrul Nur Rahmat sebagai Wakil Kepala Kesekretariatan yang kini keduanya menyandang wartawan UKW jenjang madya.

“Alhamdulillah, sekali lagi saya sampaikan apresiasi setinggi-tinggi kepada keluarga besar Dewan Pers dan jajaran PWI Jabar yang sudah mengikutsertakan dua perwakilan anggota PWI Kabupaten Bogor dalam penyelenggaraan UKW angkatan ke-71 di Bandung kemarin,” jelas Subagiyo.

Dia berharap, semoga kegiatan positif yang telah dilaksanakan Dewan Pers bekerjasama dengan PWI Jabar, dapat terus dilakukan secara rutin demi tujuan baik yakni meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan maupun sebagai bagian dalam menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi penghasil karya intelektual.

“Serta menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan, karena produk jurnalistik adalah karya intelektual. Sehingga proses mulai dari menggali informasi sampai menyiarkan dalam bentuk berita harus selalu melalui kerja serius, berdasarkan fakta, dapat dipertanggungjawabkan, sehingga kalaupun ada yang menggugat, penyelesaiannya secara intelektual pula. Jaya  terus Dewan Pers dan profesi kewartawanan di Republik Indonesia ini,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Dewan Pers kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-71, yang berlangsung di Mercure Hotel Bandung City Centre, pada 21-22 Juni 2024.

Dalam pelaksanaan itu, terdapat 66 orang yang terbagi dari 42 dari Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI), dan organisasi keprofesian kewartawanan (PWI) berjumlah 24 peserta.

Anggota Dewan Pers, Asep Setiawan mengatakan, Dewan Pers kembali memfasilitasi kegiatan pelatihan jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan 2024 di seluruh Indonesia. (Sto/Red)




Ini Sosok Kusno Sujawardi “Spidernoy” Atlet Kebanggaan PWI Jabar Peraih Medali Emas di Porwarnas

BANDUNG, (TB) – Organisasi Keprofesian Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Barat ternyata memiliki Atlet kebanggaan yang sempat meraih Medali Emas dari Cabang Olahraga (Cabor) Bulu tangkis pada Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Malang, Jawa Timur tahun 2022 lalu.

Adalah Kusno Sujawardi, Pria kelahiran Soreang Bandung, yang merupakan anggota aktif  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Barat.

Sosok pria beranak dua ini, saat bertanding kerap mengenakan kostum spiderman hingga dijuluki Spidernoy dan sempat viral di Media Sosial (Medsos).

Tak hanya itu, Kusno Sujawardi ini juga pernah meraih juara satu (1) bulu tangkis Soreang Open ditanah kelahirannya tersebut.

Selain itu, Spidernoy juga pernah merasakan prestasi di ajang antar Kampung (Tarkam) dengan meraih predikat juara pertama, yang tiap tahunnya rutin menggelar turnamen Bulu Tangkis.

Nama Kusno Sujawardi alias Spidernoy sendiri dikalangan warganet dan insan pers, dijuluki sebagai atlet spesialis ekspedisi turnamen wilayah Kabupaten Bandung, bahkan se Bandung Raya, Provinsi Jawa Barat.

Tentu, dalam setiap torehan gemilang yang diperoleh Spidernoy, tidak lah mudah. Butuh kerja keras dan latihan rutin kerap ia lakoni demi mempertahankan predikatnya sebagai atlet Porwarnas kebanggaan PWI Jabar.

Kinoy sendiri mengaku, bahwa keahliannya dalam cabang olahraga Bulu Tangkis itu, dia miliki secara otodidak tanpa adanya pelatihan khusus pada umumnya.

Masyarakat di jagat maya pun harus tahu, dengan penghasilan dari Medsos Spidernoy yang cukup fantastis hingga Rp 1,5 milyar ini, memiliki keinginan bisa membangun sebuah sarana ibadah bagi umat muslim yakni Masjid ditempat tinggalnya di Soreang, Kabupaten Bandung,  bersama sang istri dan kedua buah hatinya tersebut. (Sto)




Puluhan Peserta Anggota PWI Dinyatakan Kompeten Pada UKW Yang Digelar Dewan Pers

BANDUNG, (TB) – Dewan Pers kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-71, yang berlangsung di Mercure Hotel Bandung City Centre, pada 21-22 Juni 2024.

Dalam pelaksanaan itu, diikuti oleh 66 orang peserta yang terdiri dari 42 peserta dari Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI), dan 24 peserta lainnya dari organisasi keprofesian kewartawanan PWI se-Jawa Barat.

Anggota Dewan Pers, Asep Setiawan mengatakan, Dewan Pers kembali memfasilitasi kegiatan pelatihan jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan 2024 di seluruh Indonesia.

Khusus di Provinsi Jawa Barat pelaksana UKW Dewan Pers menunjuk Lembaga Uji Kompetensi Wartawan IJTI dan PWI.

“Fasilitasi UKW Dewan Pers Jawa Barat hanya bersumber dari anggaran DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Sekretariat Dewan Pers TA 2024,” ujar Asep Irawan dalam dalam sambutannya, Sabtu (22/6) kemarin.

Ia menerangkan, jumlah peserta UKW di Jawa Barat sendiri ditetapkan maksimal 66 wartawan, terdiri dari 24 peserta dari Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) PWI Pusat dan 42 peserta dari LUKW IJTI.

Selain itu, masih kata Asep, Ketentuan rasio penguji dan peserta adalah 1 banding 6, sementara para peserta UKW sebelumnya sudah mengikuti pelatihan jurnalistik atau Pra UKW yang diselenggarakan Dewan Pers.

“Pra UKW sendiri telah dilaksanakan pada 13 Juni 2024 Dewan Pers bersama dua (2) Lembaga UKW tersebut secara kolaboratif telah melaksanakan pelatihan Jurnalistik,” jelasnya.

Masih ditempat sama Koordinator UKW pada kepengurusan PWI Jabar, Reva Riana menambahkan, dalam pelaksanaan uji kompetensi wartawan yang telah dilaksanakan di 21-22 Juni 2024, dari 24 anggota PWI se-Jawa Barat menghasilkan satu (1) dinyatakan gugur karena sakit, tiga (3) lainnya dinilai belum berkompeten lantaran memperoleh nilai dibawah rata-rata 70 point.

“Saya ucapkan selamat untuk para peserta UKW khususnya dari kelembagaan PWI yang sudah dianggap Kompeten pada UKW 21-22 Juni 2024. Dan untuk peserta yang belum kompeten bisa diikut sertakan UKW setelah enam bulan terhitung dari hari ini, ungkap Reva yang merupakan jurnalis Harian Umum Pikiran Rakyat (Koran PR) itu.

Ia melanjutkan, lalu untuk pengumuman lulus dan tidaknya tidak disebutkan nama-namanya karena sudah menjadi peraturan standar dewan pers.

“Namun, apabila nilai diatas 70 dinyatakan lulus dan dibawah 70 belum kompeten dilihat ketika tanda tangan pada lembar uji,” bebernya.

Sementara itu, untuk 42 peserta UKW dari kelembagaan IJTI se Provinsi Jawa Barat belum diketahui berapa jumlah yang lulus maupun yang dianggap belum berkompeten. Namun tetapi, dua (2) orang dinyatakan gugur lantaran ketidakhadirannya dalam pengujian tersebut. (Sto)




Dedi Firdaus Nyatakan Siap Bertarung di Konferensi Pemilihan Ketua PWI Kabupaten Bogor

BANDUNG, (BS)  – Wakil Ketua (Waket) Bidang Organisasi Keprofesian Kewartawanan (OKK) PWI Kabupaten Bogor Periode 2021-2024, Dedy Firdaus, menyatakan siap mencalonkan diri sebagai Bakal Calon (Balon) Ketua PWI Kabupaten Bogor untuk Periode 2024-2027 mendatang.

Pernyataan sikap itu ditegaskannya, pasca dirinya dinyatakan lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Jenjang Madya angkatan ke-71 yang diselenggarakan oleh Dewan Pers bekerjasama dengan pengurus PWI Jawa Barat (Jabar), yang berlangsung di Mercure Hotel Bandung City Centre, Lengkong, Kota Bandung, pada 21-22 Juni 2024.

“Alhamdulillah saya telah lulus UKW jenjang Madya yang diselenggarakan oleh Dewan Pers di Kota Bandung,” kata Dedy Firdaus, di Bandung, Sabtu (22/6/2024).

Ia melanjutkan, program UKW Jenjang Madya harus ia tempuh saat ini, dikarenakan syarat utama untuk mencalonkan diri sebagai ketua PWI Kabupaten Bogor minimal telah memegang UKW jenjang madya atau setingkat Redaktur.

“Setelah dinyatakan lulus UKW jenjang Madya ini, saya nyatakan siap maju di bursa pemilihan ketua PWI Kabupaten Bogor periode 2024-2027 pada Oktober mendatang,” ungkapnya.

Dedy menjelaskan, faktor utama dia mencalonkan diri sebagai pucuk pimpinan organisasi keprofesian tertua di Indonesia tersebut. Didorong oleh keinginannya untuk membawa PWI Kabupaten Bogor kearah yang lebih baik lagi, lebih solid antar sesama teman seprofesi.

“Insha Allah bila saya dipercaya dan terpilih sebagai ketua PWI Kabupaten Bogor nanti, segala program yang baik dari kepemimpinan dua periode ketua H. Subagiyo saat ini akan saya lanjutkan, dan yang belum baik akan kita perbaiki” jelas Dedy.

“Dan pastinya juga, saya berkomitmen untuk merangkul seluruh kawan-kawan yang berprofesi wartawan untuk sama-sama membesarkan nama besar PWI, tanpa terkecuali, siapapun orangnya. Entah dia tergabung dari keanggotaan organisasi Kewartawanan mana pun,” tegasnya menambahkan.

Lebih lanjut Dedi juga berharap, dengan adanya pernyataan sikap ini semoga apa yang diharapkannya bisa terwujud demi kepentingan bersama, khususnya bagi pengurus maupun anggota PWI Kabupaten Bogor ke depan.

“Mohon do’a dan dukungannya, serta restu dari para senior terutama dari para mantan ketua PWI Kabupaten Bogor terdahulu dalam konteks saya maju sebagai sebagai balon ketua PWI Kabupaten Bogor selanjutnya,” tandasnya. (Sto)




Puncak Latihan LSL I TW II 2024,Prajurit Yonif 9 Marinir Laksanakan Ini

PESAWARAN, (TB) – Puncak dari kegiatan LSL I TW II 2024 prajurit Yonif 9 Marinir laksanakan Dahkang dan kerja bakti bersama masyarakat sekitar latihan yang dilaksanakan di Batu Menyan, Teluk Pandan, Pesawaran Lampung, Sabtu (22/06/24).

Dalam menuntaskan seluruh materi LSL I TW II Tahun Anggaran 2024, prajurit petarung Yonif 9 Marinir akhiri latihan dengan melaksanakan Dahkang serta kegiatan kerja bakti bersama masyarakat dengan melaksanakan pembersihan dan perbaikan sarana fasilitas Desa dengan warga sekitar daerah latihan.
Tujuan dari bhakti sosial tak lain, sebagai rasa syukur kepada Tuhan YME karena selama latihan telah diberikan kelancaran serta sebagai wujud kemanunggalan Marinir dengan rakyat agar berguna meringankan kesulitan masyarakat sekitar yang merupakan amalan dari 8 wajib TNI, serta menciptakan suasana yang harmonis antara prajurit Marinir dengan masyarakat.

Komandan Batalyon Infanteri 9 Marinir Letkol Marinir Fuzi Nugraha S. E., M.Tr.Opsla., menyampaikan,
” Semoga dengan selesainya seluruh rangkaian latihan LSL I TW II Tahun 2024 ini dengan harapan ke depan para prajurit akan lebih profesional sekaligus sebagai bekal dalam penugasan dan operasi di medan sebenarnya, dan dengan diadakannya kerja bakti bersama masyarakat bisa menciptakan ke harmonisan antara prajurit Marinir dengan masyarakat sekitar,” Tandasnya.

(Oby)




Kades Sanja Edi Yusuf, Salurkan BLT-DD Tahap 1 Kepada 76 KPM

SANJA, (TB) – Pemerintah Desa Sanja, Kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor merealisasikan pembagian Bantuan Langsung Tunai  Dana Desa (BLT-DD) Tahap 1 tahun anggaran 2024 kepada 76 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), pada Jum’at 21 Juni 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Sanja tersebut turut dihadiri Sekretaris Camat Citeureup yang baru yakni R. Ika Sudarmika, beserta perangkat Desa Sanja.

Kades Sanja Edi Yusuf dalam sambutannya menyampaikan bahwa BLT DD yang dibagikan kepada sebanyak 76 KPM ini sudah sesuai kriteria yang di tentukan oleh pemerintah pusat.

” jadi bersyukurlah Bapak-ibu yang mendapatkan bantuan ini. Semoga bantuan ini bermanfaat bisa membantu meringankan beban ekonomi Bapak-Ibu,” tukas Kades Edi.

Untuk diketahui BLT DD yang dibagikan pada saat itu untuk periode bulan Januari – Februari & Maret 2024 (tiga) bulan yang nilainya Rp.300.000.-/bln jadi masing-masing KPM menerima  Rp.900.000.- /KPM. (Sto)




Cek Kesiapan Pos Kamling Polsek Ciputat Timur Polres Tangsel Sambangi RW 06 Kelurahan Cipayung

TUBAS, TANGERANG SELATAN — Polsek Ciputat Timur Melaksanakan kegiatan Sambang Pos kamling di RW 06, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat. Kegiatan yang dimulai pukul 21.00 WIB ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan tersebut. (21/6)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Iptu Krisna Hasiholan SH dari Kanit Reskrim Polsek Ciputat Tim yang mewakili Kasat Reskrim Polres Tangsel, serta Iptu Kustam sebagai Panit Binmas, dan Ipda Jajat Sudrajat SH dari Panit Reskrim Polsek Ciputat Tim. Turut hadir pula Aiptu Sugeng dari Bhabinkamtibmas Pisangan, Bripka Uman Siswanto dari Bhabinkamtibmas Cipayung, Ketua RW 06, Ketua RT 02, serta tokoh masyarakat dan pemuda setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Iptu Kustam menyampaikan beberapa pesan kamtibmas kepada warga. Beliau menekankan pentingnya Pos kamling sebagai tempat untuk memperkuat silaturahmi dan menyelesaikan permasalahan di lingkungan, serta mengawasi setiap kejadian yang dapat mempengaruhi keamanan, terutama yang berkaitan dengan SARA.

Selain itu, disampaikan himbauan untuk menjaga anak-anak dari bahaya pencabulan dan meningkatkan kewaspadaan terhadap penipuan online yang semakin marak.

Kanit Reskrim Polsek Ciptim juga menambahkan bahwa keamanan lingkungan adalah tugas kita bersama untuk itu di mengajak ayo kita jaga lingkungan masing-masing. ujarnya

Kegiatan Sambang Pos kamling ini juga melibatkan petugas Pos kamling, Karang Taruna RW 06, dan Pokdar kamtibmas Ring 2.6, serta mendapat partisipasi aktif dari warga RW 06. Mereka berkolaborasi untuk memastikan kelengkapan dan kesiapan Pos Satkamling RW 06 guna mendukung upaya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

( Rus )