Melalui CorpU, Kementerian ATR/BPN Siapkan SDM Berkualitas

0
Spread the love
image_pdfimage_print

CIKEAS , (TB) – Dalam menyelenggarakan pelayanan pertanahan dan penataan ruang berstandar dunia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) perlu menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Salah satu caranya, dengan menghadirkan ATR/BPN Corporate University (CorpU) yang juga sebagai upaya penyelesaian strategi melalui pendekatan Program Belajar Organisasi yang sistematis dan menyeluruh.

“Strategi ATR/BPN CorpU tidak hanya dilihat dari implementasinya di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) saja melainkan juga di seluruh Unit Eselon I di lingkungan Kementerian ATR/BPN.  Secara lengkap, setiap unit diharap dapat mengimplementasikan sesuai dengan tata kelola yang ada sehingga terwujudnya learning organization,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto dalam acara Soft Launching program Corporate University, di Kantor BPSDM Kementerian ATR/BPN, Cikeas, pada Selasa (07/06/2022). 

Lebih lanjut Himawan Arief Sugoto menuturkan jika CorpU ini dapat mewujudkan budaya belajar, yaitu organisasi yang terus menerus dan terencana memfasilitasi anggotanya.

Tujuannya, agar mampu berkembang serta mentransformasi diri secara kolektif maupun individu, sehingga mampu memberikan kontribusi yang baik dalam peningkatan organisasi dan pengembangan kompetensi pegawai melalui SDM yang berkarakter dan unggul.

Pada kesempatan yang sama Kepala PPSDM, Agustyarsyah berharap dengan adanya ATR/BPN CorpU di lingkungan Kementerian ATR/BPN dapat menjadi solusi atas permasalahan unit kerja dengan proses pembelajaran menerapkan praktik terbaik yang berlaku.

Sehingga mampu meningkatkan kinerja unit kerja mencapai tujuan organisasi. CorpU ini nantinya menjadi tanggung jawab semua tingkat pimpinan unit kerja, mulai dari Menteri, Pejabat Tinggi Madya, Pejabat Tinggi Pratama, dan Pejabat Administrasi untuk sampai kepada peserta pelatihan.

“Begitu banyak target yang perlu diwujudkan oleh Kementerian ATR/BPN sehingga membutuhkan suatu sistem atau kontrol untuk melewati proses serta mendapatkan hasil yang diinginkan, salah satunya melalui CorpU ini,” tulisnya. 

Soft Launching program Corporate University yang dilaksanakan secara langsung di Kantor PPSDM Cikeas yang dihadiri juga oleh Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Teknologi Informasi, Virgo Eresta Jaya; Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Sumber Daya Manusia, Adriani Sukmoro. ( Red )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *